Kesalahan Kecil Penyebab Kebakaran

Diposkan oleh Heni Minata on Selasa, 14 Februari 2017

penyebab kebakaran
Ketika sebuah kebakaran terjadi dan melanda suatu lokasi tertentu, banyak yang akan langsung berpikir bahwa penyebabnya adalah korslet. Memang sih, korslet adalah salah satu penyebab kebakaran yang paling sering terjadi. Dan sangat sulit sekali menghindari kebakaran akibat korslet ini. Sebab itulah, untuk menghindarkan dari kerugian dalam jumlah besar, banyak yang mengantisipasinya dengan menggunakan asuransi kebakaran.

Namun, sebenarnya selain dari korslet sendiri masih ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Dan beberapa hal ini, bahkan bisa dibilang sebuah kesalahan kecil namun karena dilakukan ditempat yang salah, maka berdampak pada terjadinya sebuah kebakaran besar. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa diantaranya:

Puntung rokok

Ini adalah salah satu penyebab terjadinya kebakaran, tidak hanya di rumah saja, tetapi juga beberapa lokasi lain. Misalnya saja sepertu hutan dan pombensin. Sebab, ada banyak sekali perokok yang seringkali membuang puntung rokoknya sembarangan, padahal masih dalam kondisi menyala. Misalnya saja pada beberapa kasus kebakaran hutan, pengendara yang lewat sambil merokok seenaknya saja melempar puntung rokoknya ke area pinggir hutan dan berpikir bahwa nanti juga akan mati sendiri. Namun, jika ternyata puntung rokok tersebut justru dibuang ke area daun kering yang cenderung mudah terbakar, tentu saja hal ini akan berbahaya.

Lilin yang menyala

Berhati-hatilah saat kamu menyalakan sebuah lilin, sebab sering kali api pada lilin inilah yang menjadi penyebab kebakaran. Misalnya kamu menyalakan lilin saat sedang mati listrik, lalu kamu tinggal tidur semalaman. Hal ini cukup aman jika kamu menjauhkan lokasinya dengan berbagai benda mudah terbakar, seperti kain, plastik, atau kertas. Namun, terkadang lokasi kamar atau ruang yang sempit membuat kamu tidak bisa meletakkannya dalam jarak yang cukup jauh. Akibatnya, risiko lilin tersebut tersenggol dan jatuh atau menyambar benda sekitarnya akan besar. Akibatnya, api dari lilin tersebut bisa saja semakin membesar dan akhirnya musibah kebakaran terjadi.

Rasa panik saat melihat api

Kesalahan kecil yang ketiga yaitu, munculnya rasa panik saat menemukan tanda kebakaran meskipun baru kecil. Misalnya, kamu melihat adanya percikan api pada salah satu sumber listrik. Pada kondisi tersebut, sebenarnya kamu bisa mematikan saluran listrik terlebih dahulu dan kemudian mencari jalan keluarnya. Namun, karena panik kamu justru berlari menjauh dan akibatnya percikan api tersebut membesar. Padahal, ada 4 tahap pengembangan api saat kebakaran terjadi. Dan ketika masih dalam tahap awal, jika kamu tidak merasa panik maka kamu bisa berpikir jernih untuk mencari cara memadamkan api tersebut.

Ketiga hal di atas adalah beberapa kesalahan kecil penyebab kebakaran yang sebenarnya bisa dihindari. Dengan lebih waspada dan tenang dalam menghadapi segala situasi, maka risiko kamu dan orang lain mengalami musibah ini akan dapat diminimalisir. (Vita)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar