Membuat Rak Piring dari Pipa PVC

Diposkan oleh Heni Minata on Jumat, 13 Januari 2017

Siapa bilang, sambungan pipa PVC hanya bisa digunakan untuk saluran air saja. Buktinya, ada lho yang membuat pipa PVC sebagai kreasi unik yang dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang di rumah. Salah satu contohnya membuat rak piring dari pipa PVC. Hmm, kalian pasti bingung memikirkan bagaimana cara membuat rak piring dari pipa PVC, dikarenakan pipa PVC berbentuk bulat. Mau tau cara  membuatnya? Langsung saja disimak di bawah ini:

Bahan yang diperlukan untuk membuat rak piring:
rak piring pvc
  • Pipa PVC berdiameter 6 inch
  • Spidol
  • Gergaji besi ukuran kecil
  • Kertas koran
  • Penggaris
Cara membuat rak piring dari pipa PVC:
 
Menentukan panjang pipa
Apabila mau membuat rak piring dari Pipa PVC, maka langkah awal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menentukan panjang pipa. Dengan menentukan panjang pipa, kita pun akan mengetahui seberapa panjang pipa yang akan kita gunakan untuk membuat rak piring. Bagaimana cara menentukannya? Ukurlah pipa yang masih berbentuk bulat menggunakan penggaris sepanjang 30 cm atau lebih. Kenapa harus 30 cm atau lebih? Setiap piring yang akan diletakkan di rak pipa PVC diberi space 5 cm. Jika mau meletakkan enam piring, tentu saja panjang pipa yang harus dibuat 30 cm, 6 x 5 cm.

Memotong pipa
Ketika sudah menentukan panjang pipa, lalu kita harus memotong pipa menggunakan gergaji besi. Potong pipa yang masih berbentuk bulat menjadi dua bagian. Dan, yang akan dijadikan sebagai rak piring hanya satu bagiannya saja.

Membuat mal (wadah piring)
Nah, setelah memotong pipa, langkah selanjutnya yaitu kita harus membuat mal atau wadah piring. Membuatnya pun cukup mudah, hanya perlu memotong kertas koran berbentuk persegi panjang dengan ukuran 53 cm x 30 cm.

Menentukan jarak untuk setiap piring
Jika sudah selesai membuat mal atau wadah piring, berikutnya kita harus menentukan jarak untuk setiap piring. Menentukan jaraknya tidak usah harus yang terlalu panjang. Cukup hanya 5 cm saja, maka sudah bisa membuat piring berdiri kokoh.

Membuat bolongan untuk piring
Setelah menentukan jarak untuk setiap piring, kita bisa membuat bolongan yang digunakan untuk piring. Sebelum membuat bolongan, gambar terlebih dahulu seberapa besar lubang yang akan digunakan. Jika sudah selesai, kita bisa membolongkannya menggunakan gergaji kecil.

Selesai!
 
Nah, ternyata bisa kan membuat rak piring dari pipa PVC? Tunggu apalagi, ayok buat rak piring dari pipa PVC! –SH–

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar