Kesalahan Saat Pembangunan Rumah

Diposting oleh xexe on Jumat, 07 Oktober 2016

Membangun rumah bukanlah hal yang mudah. Hal ini, bahkan juga dirasakan oleh Developer Property Indonesia yang sudah berpengalaman sekalipun. Meskipun begitu, karena pengalaman yang sudah cukup banyak membuatnya mampu untuk mengatasi berbagai kesulitan ini. Akan tetapi, untuk yang masih awam atau baru saja mulai mencari pengalaman dalam hal pembangunan rumah, sering kali mengalami kesulitan dan akhirnya melakukan kesalahan.

Berikut ini, adalah beberapa kesalahan dalam proses pembangunan rumah yang cukup sering terjadi:

Perhitungan budget

hitung budget
Sebelum memulai proses pembangunan rumah, hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah menghitung budget. Berapa budget maksimal yang mampu dikeluarkan secara langsung akan mempengaruhi desain rumah, bahan dasar pembuatan rumah, dan sebagainya. Jika memang budget terbatas, akan lebih baik jika menggunakan bahan-bahan dengan kualitas standar namun tidak mempengaruhi kekuatan rumah. Sebab, ada beberapa komponen dalam proses pembuatan rumah yang biayanya hampir dikatakan fixed atau sulit diubah karena berpengaruh langsung pada kualitas rumah yang dihasilkan. Sebab itulah, usahakan untuk melakukan pengurangan biaya pada bagian lain yang akan membuat rumah tetap aman.

Pembuatan pondasi

pondasi rumah
Pondasi merupakan dasar dari sebuah bangunan. Tanpa adanya pondasi yang kuat, maka sebaik apapun kualitas bahan yang digunakan untuk sebuah bangunan, tetap saja kualitasnya tidak akan bagus. Bahkan, dengan pondasi yang berkualitas buruk, bisa menyebabkan bangunan rumah tidak kuat, dinding retak, atau yang terparah yaitu rumah amblas. Pemilihan bahan yang berkualitas buruk, kombinasi yang salah, serta proses pembuatan pondasi saat tanah belum benar-benar keras akan mempengaruhi kualitas pondasi.

Pembuatan struktur bangunan

struktur bagunan
Setelah pondasi selesai, langkah selanjutnya adalah pembuatan struktur bangunan. Ini juga tidak boleh asal-asalan, harus benar-benar diperhitungkan sesuai dengan aturannya. Sayangnya, banyak tukang yang mengabaikan hal ini dan hanya bekerja berdasarkan pada pengalamannya saja. Padahal, hal ini mungkin tidak masalah dalam waktu dekat, namun bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Misalnya, seperti bangunan rumah yang tidak kokoh dan mungkin bisa terjadi keruntuhan akibat besi penyangga yang tidak mampu menahan beban.

Demikianlah beberapa contoh kesalahan dalam pembuatan rumah. Untuk lebih lengkapnya, silakan membaca kesalahan saat pembangunan rumah part 2 ya. (Vita)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar