Jangan Lakukan ini Saat Berinternet

Diposting oleh xexe on Senin, 15 Agustus 2016

menggunakan internet
Hampir setiap keluarga sudah memiliki koneksi internet cepat pribadi yang tersedia di rumahnya. Apalagi, saat ini banyak sekali provider internet yang menawarkan paket internet cepat dan murah, dan bisa digunakan oleh beberapa user sekaligus. Untuk internet ini, biasanya menggunakan wireless, sehingga mereka hanya perlu mengaktifkan WiFi di gadget mereka, dan internetpun akan langsung terkoneksi.

Kemudahan koneksi internet ini sangat memudahkan hampir seluruh lapisan masyarakat. Pemilik suatu usaha dapat measarkan produknya dalam skala yang lebih luas, sementara kita sebagai konsumenpun dipermudah ketika membutuhkan sesuatu. Namun, ternyata tidak selamanya internet ini berdampak baik. Untuk itulah, ada beberapa hal yang sebaiknya kita tidak lakukan saat berinternet:

Membuka situs terlarang

Ingatlah bahwa tidak semua hal yang diposting dalam internet itu baik untuk dibaca atau dilihat. Saat ini, pihak Kementrian Telekomunikasi dan Informatika sedang berusaha keras untuk menutup akses user ke beberapa situs yang dianggap melanggar aturan. Situs-situs tersebut biasanya adalah situs yang berisikan berbagai hal tentang pornografi ataupun situ yang menyediakan link download (dianggap melanggar hak cipta karena mendukung pembajakan).

Terlalu mudah mempercayai suatu informasi

Melalui internet kamu akan mendapatkan beragam jenis informasi, bahkan bisa jauh lebih lengkap daripada yang kamu dapatkan dari televisi. Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang sudah kamu baca, karena tidak semua informasi tersebut benar adanya. Kemudahan memberikan informasi via internet ini, seringkali dimanfaatkan oleh para pemilik usaha untuk memasarkan produknya, namun juga untuk menghancurkan nama baik kompetitornya. Yap, memang banyak pemilik usaha yang rela melakukan segala cara untuk mendapat keuntungan, termasuk jika mereka harus menghancurkan usaha kompetitornya. Jadi, ketika menemukan seseorang yang menjelek-jelekkan sebuah brand, carilah informasi mengenai kebenarannya sebelum ikut membagikan informasi tersebut. Selain itu, ada banyak informasi lain juga yang sering dipalsukan oleh beberapa oknum tidak bertanggungjawab, jadi lebih waspada ya.

Terlalu detail memberi informasi

“Bete nih, sendirian di rumah”, update status seperti itu dan dilengkapi dengan lokasi rumah, yah jangan kaget kalau tiba-tiba kamu kedatangan tamu yang tidak diharapkan (maling, perampok, dan sejenisnya). Yap, kamu mungkin sering melihat orang yang sangat update sekali di social media miliknya, tanpa berpikir bahwa mungkin status yang dia update dapat memberi dampak negatif untuknya sendiri. Atau, seseorang yang memberikan informasi mengenai data diri lengkapnya di social media miliknya. Padahal, kedua hal ini sangatlah berbahaya.
Jadi, internet dapat bermanfaat selama kamu bijak dalam memanfaatkannya. (Vita)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar