Eddie Vedder: Aksi Panggung Nekat di era 90-an

Diposting oleh xexe on Selasa, 19 April 2016

Eddie Vedder
Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan genre musik yang populer di era 90-an seperti musik grunge atau sering disebut juga dengan musik alternative. Berbeda dengan musik pelan yang sering menggunakan gitar akustik, nuansa keras nan vintage dan lantunan suara gitar yang mencolok serta vokal yang dominan merupakan ciri khas dari musik grunge. Pearl Jam dan band lain seperti Alice in Chains, Sound Garden, Nirvana merupakan pelopor munculnya jenis musik yang masih diminati oleh banyak penikmat musik hingga sekarang ini. Salah satu dari banyak tokoh yang sangat dikagumi dalam musik grunge adalah vokalis grup musik Pearl Jam sendiri, yaitu Eddie Vedder.

Eddie Vedder atau yang biasa dipanggil EdVed terkenal karena gaya bernyanyinya yang sangat unik dan berbeda. Ia  mempunyai karakter serampangan dengan rambut panjangnya saat membawakan lagu-lagu khas mereka dengan nada yang penuh dengan makna. Meskipun serampangan, EdVed adalah seorang yang cukup ramah dan ceria saat berinteraksi dengan penonton dan ketika tampil ia selalu membuat penonton tercengang oleh aksi panggungnya seperti melepas baju, membanting mic, berlarian di atas panggung, dan melakukan body surfing di atas ribuan penonton.

Aksi EdVed yang paling terkenal adalah aksi di saat ia memanjat dari ketinggian lebih dari tiga meter sebelum melompat ke atas lautan penonton pada Pinkpop festival tahun 1992. Ketika Pearl Jam membawakan salah satu lagu terbaiknya, “Porch”, penonton menjadi semakin menggila dan bersemangat. Di pertengahan lagu, EdVed tiba-tiba memanjat tower camera yang memiliki ketinggian sekitar tiga meter lebih, dan langsung membuat para crew panggung berbondong-bondong menahan pemberat tower yang membawa EdVed ke tengah-tengah lautan penonton. EdVed yang sedang terpengaruh alkohol langsung nekat lompat ke atas ricuhnya penonton dan melakukan body surfing. Meskipun hal ini selalu membuat kewalahan crew panggung dan membuat personil band lainnya merasa khawatir akan keselamatan sang vokalis, aksi ini merupakan sebuah momen luar biasa yang masih dibicarakan oleh para penggemar musik grunge hingga saat ini.

Aksi nekat EdVed rupanya sering menimbulkan cedera tulang pada tangan, kaki maupun badannya. Namun, saat diwawancara dalam sebuah majalah,  EdVed mengaku bahwa ia selalu melakukan aksinya itu tanpa bergeming. Meskipun hal yang ia lakukan nekat dan menakutkan, terkadang vokalis legendaris ini memang ingin melakukan hal ekstrim tersebut tanpa berfikir panjang karena menurutnya hal itu adalah “sebuah kebebasan di atas panggung”. (Rima)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar