Berlibur Ke Taman Mini Indonesia Indah

Diposting oleh xexe on Jumat, 16 Mei 2014

tmii
Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan tempat wisata yang menawarkan seluruh rangkuman budaya daerah Indonesia. TMII dibangun di Jakarta timur dengan area seluas +/- 150 +/- 150 hektar. Ide membangun sebuah miniatur yang ngerangkum kebudayaan oleh Siti Hartinah. Ibu Siti merupakan ibu negara  dan istri dari Presiden Indonesia ke-2, Pak Soeharto. Beliau berharap bahwa dengan adanya miniatur ini, rasa banggan dan cinta tanah air bisa terpupuk dengan baik.

Bisa dibilang proses pembangunan ini memakan waktu +/- 3 tahun. Pembangunan TMII dimulai pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Pada tahun 1991, diresmikan maskot khusus untuk TMII berupa tokoh wayang Hanoman. Nama dari maskot ini adalah NITRA (Anjani Putra) dan peresmiannya langsung dilakukan oleh ibu Siti.

Transportasi ke TMII

Dikarenakan lokasi yang lumayan jauh dari pusat kota, bisa dibilang butuh usaha extra untuk ke sana. Berikut ini beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk berlibur ke Taman Mini Indonesia Indah:

Bis Transjakarta

Sekarang sudah ada rute khusus yang melewati Taman Mini Indonesia Indah. Dan di depan TMII juga sudah dibagun halte untuk tempat pemberhentiannya. Kita hanya perlu naik bus transjakarta dengan jurusan Pinang Ranti dan turun di halte Tamini Garuda. Dari Halte tersebut, kita bisa memilih
  • Jalan kaki sedikit (+/- 1,4 km)
  • Naik ojek
  • Naik angkot KWK S-15A
Perlu kita ingat bahwa jalur bus transjakarta menuju arah Pinang Ranti  juga dilalui bus transjakarta lain yaitu jurusan PGC. Jadi sebelum naik, pastikan terlebih dahulu dengan petugas Transjakarta ya sebelum naik.

Mobil Pribadi

Bagi kita yang memiliki mobil pribadi mungkin akan lebih gampang. Mobil pribadi ini bisa berupa mobil pribadi sendiri atau saudara. Yang pasti pengemudi mobil ini harus tahu jalan ke TMII. Bila tidak tahu, gunakan Streetdirectory, Google Map atau Waze.

Sewa Mobil dan Pengemudi

sewa mobil
Salah satu cara paling gampang ketika kita punya mobil dan tidak tahu arah adalah sewa mobil plus pengemudinya. Tentu akan sangat aman sewa mobil dan pengemudi langsung di Jakarta karena pastinya pengemudi tersebut lebih tahu lalu lintas kota Jakarta daripada kita. Sekarang sudah banyak jasa sewa mobil Jakarta yang dapat dipilih. Jangan lupa pilih dengan pintar. Soalnya nyaman dengan rental mobil karena bukan kita yang mengemudi.

Jasa Taxi / Taksi

Cara lainnya adalah menggunakan layanan taxi. Beberapa mobil taxi sudah dilengkapi oleh GPS. Nah bila ternyata pengemudinya juga tidak tahu jalan, sangat disarankan kita menggunakan Waze. Untuk harga tentu mahal daripada sewa mobil karena perhitungan menggunakan argo.

Semoga artikel informasi berlibur ke Jakarta ini membantu. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar