Apa Itu Broadband Internet?

Diposting oleh xexe on Senin, 10 Desember 2012

Broadband internet adalah kata-kata yang digunakan untuk menunjukan karakteristik bandwith besar yang dapat membawah beberasa sinyal sekaligus. Platform yang bisa digunakan bermacam-macam.  Contoh beberapa platform yang digunakan adalah:
  • Coax atau kabel Coaxial dalam bahasa Indonesia berarti kabel sepaksi / sesumbu merupakan sebah penyalur informasi dengan mengubah informasi menjadi sinyal listrik. Jenis Kabel ini biasanya hanya digunakan untuk interlokal alias jarak dekat.
  • Optical Fiber merupakan kabel transparan halus dan kecil yang terbuat dari kaca silica atau plastic. Kabel ini merupakan transmisi internet yang sangat cocok bila mengutamakan kecepatan karena kabel ini sangat efisein.
  • Kabel Twisted Pair merupakan kabel dengan gabungan 2 konduktor. Pengabungan ini bertujuan untuk mengurangi gangguan elektromagnetik. Kabel ini menggunakan bahan dasar tembaga.
  • Wireless adalah cara mentransfer informasi yang diminta antara 2 atau lebih barang elektronik yang tidak memerlukan sambungan kabel. Jangkauan tranmisinya beragam dari yang dekat hingga yang jauh.

Sebelum ditemukannya broadband internet, internet dengan akses dial­-up adalah satu-satuya cara mengakses internet yang bisa digunakan. Cara akses dial-up bisa dibilang kurang cocok digunakan pada era super cepat ini karena untuk mendowload sebuah email, file dan lagu; seseorang membutuhkan waktu 10 – 30 menit.

Pada tahun 1997, pertama kalinya modem kabel diperkenalkan. Namun penggunaan broadband meningkat baru pada tahun 2001. Dengan memiliki koneksi broadband internet, seseorang bisa dengan cepat mencari informasi dan mendownload file yang diperlukan. Pada tahun 2004, bisa dibilang hampir semua rumah tangga di Amerika sudah menggunakan broadband dan meninggalkan dial-up. Semoga informasi ini membantu Anda mengenal apa itu broadbad internet. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar