Peraturan Pet Relocation Singapura

Diposting oleh xexe on Jumat, 02 November 2012


Anda akan pindah ke Singapura bareng hewan peliharaan Anda, pastikan untuk mempersiapkan semua keperluan pet relocation beberapa minggu sebelumnya. Berikut beberapa langkah yang biasanya digunakan untuk pindah ke Singapura bersama hewan peliharaan tersayang (ingat ini hanyalah informasi yang digunakan sebagai pedoman umum dan tidak terlalu update. Dimohon sebelum melakukan perjalan, Anda memastikan terlebih dahulu dengan pihak berwenang dari negara tujuan):
Peraturan Pet Relocation Singapura
  • Mempunyai sertifikat yang menyatakan hewan peliharaan yang akan dibawa masuk ke Singapura setidaknya sudah tinggal selama 6 bulan atau sejak lahir di negara Anda sebelum hari keberangkatan.
  • Miliki microchip yang sesuai dengan standar ISO 11784 untuk hewam peliharaan Anda.
  • Harus punya sertifikat rabies asli. Sertifikat ini harus berisikan no microchip dan tanggal penyuntikan vaksin. Untuk ke Singapura, vaksin pertama setidaknya sudah disuntikan 4 bulan sebelum hari keberangkatan.  Vaksin pertama harus inactivated vaksin.
  • Selain vaksin anti rabies, beberapa vaksin yang juga harus diberikan untuk hewan peliharaan Anda. Untuk doggy vaksin lainnya adalah vaksin Distemper, Hepatitis dan Parvovirus. Sedangkan kucing, vaksin yang diberikan adalah Cat Flu (Chlamydia psittaci, Feline calcivirus, Feline viral rhinotracheitis) dan Cat Enteritis (Feline Panieukopaenia / Feline parvovirus). Vaksin – vaksin ini setidaknya diberikan 2 minggu sebelum hari keberangkatan. Jangan lupa meminta sertifikat vaksinnya.
  • Setelah 30 hari sejak vaksin anti rabies, Anda perlu kembali ke dokter hewan untuk melakukan tes darah. Hasilnya harus menyatakan bahahwa rabies titre testnya = atau > dari 5 IUatau ML.
  • Hewan peliharaan kemudian harus disuntik vaksin rabies ke-2 sebelum 30 hari dari tanggal keberangkatan. Vaksin ke-2 juga harus inactivated vaksin. Vaksin ke-2 ini hanya boleh diberikan setelah melakukan titer blood.
  • Setelah hasil lab tes rabies serology FAVN keluar, Anda siap mengajukan peminjaman ruang karantina (bila hewan peliharaan Anda emang diwajibkan untuk dikarantinakan – lebih baik konsultan dengan pihak pet relocation dan instalasi pemerintah Singapura yang khusus menangani masalah ini).
  • Miliki sertifikat kesehatan standar yang diisi oleh dokter hewan terakreditas. Sertifikat ini harus dikeluarkan setidaknya 7 hari sebelum hari keberangkatan.
  • Harus punya izin keberangkatan dan impor sebelum sampai Singapura.
  • Semua sertifikat ( 2 sertifikat rabies, sertifikat vaksin dan sertifikat kesehatan ) harus mendapatkan pengesahan USDA lokal dimana Anda tinggal. Agar gampangnya hubungi pet relocation yang ada didekat Anda agar Anda tahu USDA mana yang harus didatangi atau lebih mudahnya lagi langsung menggunakan jasa mereka untuk mengurusnya.

Jangan lupa untuk memastikan kembali syarat dan ketentuan membawa hewan peliharaan karena peraturan bisa berubah dan peraturan untuk hewan peliharaan dari setiap negara agak berbeda.  Pedoman di atas emang dikhususkan untuk hewan peliharaan dari US, Kanada, Belanda, Belgia dan Spayol. Tapi tidak ada salahnya mempelajari pedoman diatas karena peraturan untuk negara lain tidak jauh berbeda. Pedoman ini didapat dari sumber khusus bermana PetRelocation. 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar