Mempercantik Tampilan Kue

Diposting oleh xexe on Senin, 18 Juli 2011

Kue telah menjadi salah satu media untuk menuangkan kreatifitas. Gaya menghias dan hiasan yang digunakan untuk mempercantik sebuah kue, terus berkembang seiring semakin banyaknya ide baru yang bermunculan. Dengan kreatifitas yang tidak pernah mati, kedepannya tentu kita dapat melihat berbagai gaya hiasan kue baru.

Bagi kita yang dirumah, kita bisa mencoba membuat hiasan-hiasan kue sederhana yang tidak kalah menarik daripada hiasan toko kue. Berikut ini beberapa bahan hiasan kue yang bisa digunakan di rumah:

Butter Cream

Krim bisa digunakan untuk melapisi bagian luar kue. Krim ini juga bisa digunakan untuk membuat kue, nama atau hiasan kue lainnya, namun untuk melakukan perlu peralatan seperti spuit dan plastik. Untuk pembuatannya diperlukan kesabaran tingkat dewa. Bagi yang ingin mempelajari pembuatan bunga dari butter cream, bisa langsung klik “Cara Membuat Bunga Ros dari Butter Cream

Untuk membuat krimnya, berikut resep sederhana yang biasa digunakan di rumah saya:
Bahan: 225 gram mentega putih tawar, 75 gram gula halus dan ½ kaleng susu kental manis
Cara Buat: Mentega dikocok hingga halus. Secara perlahan masukan gula dan susu kental manis sambil terus dikocok. Setelah gula, mentega dan susu kental manis tercampur; kocok hingga adonan mengental (kurang lebih butuh 30 menit).

Untuk pemberian warna, pisahkan setiap krim pada mangkon setelah krim selesai. Baru kemudian campur adonan dengan warna yang dibutuhkan.

Icing

Menggunakan Icing atau frosting sebenarnya lebih gampang, karena sekarang sudah banyak icing / frosting jadi dengan beragam warna yang bisa dibeli. Jika ingin membuatnya sendiri, berikut resepnya:
Bahan: 250 gram gula icing / halus, 50 gram telur putih, 10 ml cuka masak / jeruk nipis / jeruk lemon
Cara Buat: Campurkan semua bahan dan kocok dengan kecepatan rendah. Setelah semua tercampur, tingkatkan kecepatan hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Untuk pemberian warna, bisa dilakukan setelah icing selesai dibuat.

Cara Aplikasi Icing:

Sebarkan icing secara merata pada permukaan kue. Untung menyingkirkan kelebihan icing, gunakan pisau yang sudah di celupkan pada air hangat. Pisau yang dicelupkan dengan air hangat bisa digunakan untuk merapikan icing.

Pagar Cokelat atau Astro

Setelah melapisi bagian luar kue dengan krim tipis, saatnya susu batangan cokelat (kitkat) atau astro di pinggirannya dengan arah vertikal. Susun hingga semua pinggiran tertutupi lalu berikan ikat dengan pita. Untuk memastikan astro atau cokelat tidak hancur, pastikan kita berhati-hati dalam mengikatnya.

Note:
Untuk kue muffin atau cupcake, kita bisa menggunakan kota kue yang memiliki desain imut dan cantik sebagai pengganti hiasan kue. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar