Daur Ulang kotak

Diposting oleh xexe on Senin, 25 Juli 2011

Pada umumnya kotak hanya digunakan sekali. Ketika kue sudah habis, kotak kue akan dibuang begitu saja. Hal ini berlaku juga untuk kotak lain seperti kotak tisu, kotak cokelat dan lainnya. Namun ternyata tidak semua orang berpikiran sama. Beberapa orang telah mencoba mendaur ulang kotak. Selain kotak, tentu saja kita bisa mencoba daur ulang plastik.

Dengan mendaur ulang sebuah kotak ataupun plastik, kita telah ikut dalam usaha Go Green yang sedang ngencar-ngecarnya dilakukan oleh berbagai negara. Dengan cara daur ulang, kita dapat mengurangi sampah yang semakin banyak di Indonesia terutama di Jakarta. Selain mengurangi sampah, kita ikut berpartisipasi dalam menjaga Indonesia tetap bersih dan bebas banjir.

Jadi, saatnya STOP buang kotak  dan mulailah membuat sebuah karya darinya. Gimana cara mendaur ulang kotak sampah? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan apa yang ingin kita buat. Apakah tempat kue, pot bunga atau tulisan “Happy Birthday”? (Untuk saat ini ada 3 contoh yang dapat dipilih)

Tempat Kue dari Kotak Bekas

Ingin mengadakan sebuah pesta? Butuh tempat stand kue? Ini saatnya membuat tempat kue sendiri dengan bahan-bahan sisa.  Untuk pembuatannya bisa langsung ke sumbernya : tempat stand kue dari kotak bekas. Takut nanti salah kasih tahu caranya, jadi enakan langsung ke sumber.

Pot Bunga dari Kotak Bekas

daur ulang kotak
Ini salah satu cara paling murah dalam mendaur ulang sebuah kotak. Caranya sangat gampang, kita hanya perlu menghilangkan bagian atas secara keseluruhan. Lalu masukan tanah dan bibit atau tanaman.  Agar pot kotak bekas ini bisa tahan lama, saat memberikan air gunakan alat semprot. Semprot pada bagian tanah di bawah batang, tidak perlu terlalu banyak asalkan cukup.

Tulisan “Happy Birthday” dari Kotak Bekas

Ambil beberapa kotak bekas yang memiliki cover menarik. Buka agar kita bisa mengambar huruf dibelakang. Potong sesuai gambar lalu gantung dengan wol atau tali daur ulang yang berwarna cokelat. Setelah selesai, gantung di dinding.

Selain 3 cara daur ulang di atas, kita bisa mendaur ulang kotak bekas menjadi kotak penyimpanan pen, buku, kertas dan lainnya. Jadi sebenarnya masih banyak yang bisa dibuat dari sebuah kotak bekas. "Kreatifitas tanpa Batas” -hm-


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar