Tahap Merancang Kotak

Diposting oleh xexe on Senin, 25 Juli 2011

kemasan
Kotak atau kantong kemasan merupakan wajah dari sebuah toko. Selain itu, kotak atau kantong kemasan dapat menjadi salah satu cara promosi gratis untuk meningkatkan brand awareness. Bisa dibilang, sebuah kotak ataupun kantong kemasan memiliki peran penting selain menjadi wadah untuk mengemas barang yang dibeli. Jadi membuat sebuah kotak atau kantong kemasan itu tidak bisa sembarangan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa hal tersebut:

Jenis Usaha dan Barang Dagangan

Memutuskan apakah menggunakan kotak atau kantong kemasan, tergantung dengan jenis usaha dan barang dagangan. Contoh:
  • Bisnis kue basah : cocoknya menggunakan kotak daripada kantong kemasan
  • Bisnis kue kering : Untuk jumlah kecil, kita bisa menggunakan kantong kemasan

Image dari Usaha

Image apa yang ingin kita tonjolkan? Apa image vintage, homey, candy, lucu, go green, sederhana dan lainnya. Image yang kita pilih akan menentukan desain kotak atau kantong kemasan baik dalam pemilihan warna, hiasan, gambar atau bentuk. Contoh beberapa bentuk kotak kue yang disesuaikan dengan image.
aneka kotak kue

Warna dan Bentuk

Setelah memutuskan image yang ingin disampaikan, saatnya menentukan warna. Tentukan warna yang memang mencerminkan image usaha yang ingin kita jalani. Hal ini berlaku juga untuk bentuk. Disarankan, buatlah bentuk yang cocok dengan image yang ingin disampaikan. Namun ingat, bentuk yang dipilih harus cocok dengan barang dagangan.

Beberapa tempat cetak akan menawarkan bentuk kotak atau kantong kemasan yang bisa kita pilih. Jika tidak cocok, kita bisa mendesainnya sendiri. Sekarang banyak contoh desain yang tersebar di internet yang bisa kita pilih atau melakukan improvisasi dari desain yang ada. -hm-


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar