Mengenal Lebih Dalam Jenis-Jenis Water Heater

Diposting oleh xexe on Jumat, 18 Desember 2015

Dulu, hanya terdapat dua cara untuk mendapatkan air panas, mengambilnya dari sumber air panas alami, atau memasaknya. Seiring perkembangan zaman, mulai banyak yang memanfaatkan water heater  untuk keperluan air hangatnya. Bahkan sudah banyak juga jenis-jenis water heater yang tersedia dan bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini, adalah beberapa jenis water heater yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan:
water heater
  • Pemanas Air Bertangki. Tipe ini merupakan yang paling populer dan lazim ditemukan di Amerika. Tipe ini memiliki tangki penyimpanan dimana air akan dipanaskan lalu disimpan. Terdapat banyak tipe pemanas air bertangki yang dibedakan dengan energi yang digunakan. Ada yang menggunakan energi matahari, gas, dan yang paling banyak ditemukan adalah yang menggunakan tenaga listrik.
  • Pemanas Air Instan. Berbeda dengan pemanas air bertangki, tipe ini tidak menggunakan tangki dan tidak memerlukan waktu untuk memanaskan air. Tipe ini memanaskan air secara instan. Air melewati tangki khusus dimana air akan dipanaskan, namun proses pemanasan air terjadi secara instan, berbeda dengan pemanas air bertangki yang butuh beberapa waktu untuk memanaskan air.
  • Kepala Shower Elektrik. Tipe ini khusus untuk kamar mandi yang memiliki shower. Tipe ini berupa kepala shower yang menggunakan tenaga listrik untuk memanaskan air secara instan. Proses pemanasan air terjadi pada kepala shower. Tipe ini lebih populer dari pemanas air instan karena lebih hemat tempat, dan pemakaian listrik pun jauh lebih kecil dibanding pemanas air instan.
  • Pemanas Air Tenaga Solar. Terdapat dua jenis pemanas tipe ini, tipe yang memanaskan air secara langsung, dan tidak langsung. Pemanas air yang memanaskan air secara langsung menggunakan panas yang diterima untuk memanaskan air yang tersimpan di tangki. Sementara tipe yang memanaskan air secara tidak langsung memproses tenaga solar yang diterima dan menjadikannya tenaga listrik, yang lalu digunakan untuk memanaskan air.
  • Pemanas Air Hybrid. Tipe ini mengambil panas langsung dari udara, yang lalu digunakan untuk memanaskan air secara instan. Berbeda dengan tipe pemanas air instan biasa, tipe ini memiliki tangki yang sangat kecil sehingga dapat dipasang pada bermacam tempat. (RR)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar