Sejarah Rental Mobil

Diposting oleh xexe on Jumat, 18 Oktober 2013

Rental mobil merupakan bisnis penyewaan mobil. Selain menyewakan mobil, biasanya jasa penyewaan ini juga menyediakan jasa supir yang dapat membantu mengemudikan mobil kita selama periode penyewaan. Berbagai paket penyewaan mobil ditawarkan. Paket ini bisa berdasarkan jenis mobil atau panjangnya periode penyewaan. Kapan rental mobil mulai booming dan menjadi bisnis yang dilirik oleh para pengusaha? Mari cek sejarah Rental Mobil yang didapat dari Wikipedia.

Sejarah Singkat Rental Mobil

sejarah rental mobil
Pada awalnya sebelum mobil ada, alat transport yang bisa disewakan adalah Kuda dan Kereta Kuda. Walaupun kemudian mobil sudah dipasarkan, Kuda dan Kereta Kuda masih menjadi favorit dikarenakan harga sewa mobil yang tinggi. Wagon dengan mesin bermotor modern mulai muncul pada tahun 1886. Wagon bermotor ini pertama kali diciptakan oleh Carl Benz yang merupakan penemu asal Jerman.
Pada awalnya mobil (wagon bermotor) mulai disewakan pada tahun 1904 namun tidak menjadi bisnis yang cukup berkembang karena pada saat itu Wagon bermotor masih sangat mahal sehingga biaya sewanya juga masih tinggi. Jadi bisnis ini pernah berjalan namun tidak berhasil

Perusahaan Rental Mobil Pertama di Dunia

Wagon bermotor semakin menyingkirkan jasa penyewaan Kuda dan Kereta Kuda, terutama setelah munculnya Wagon bermotor yang terjangkau. Wagon bermotor terjangkau ini bernama Ford Model T yang dikeluarkan pada tahun 1908. Joe Saunders dari Omaha  merupakan orang yang dianggap sebagai penemu bisnis rental mobil. Dia memulai bisnis penyewaan mobil hanya bermodal 1 mobil pinjaman. Dia meminjam sebuah mobil Ford Model T pada tahun 1916 yang memang pada saat itu memiliki harga yang terjangkau sehingga harga penyewaannya pun bisa murah. Pada 1917, usahanya berkembang sangat pesat. Dari 1 mobil pinjaman, dia akhirnya dapat menyewakan 18 mobil Ford Model T. Tarif sewa yang ditetapkan oleh Saunders adalah 10 sen per mil.

Perusahaan Saunders yang pada awalnya bernama “Ford Livery Company” berubah nama menjadi “Saunders Drive-It-Yourself Sistem” dan kemudian berubah lagi menjadi “Saunders System”. Pada tahun 1926 (10 tahun berdirinya Perusahaan Saunders), perusahaan rental mobil Sunders sudah memiliki 56 cabang.

Perusahaan penyewaan mobil Saunders akhirnya dibeli oleh Avis pada tahun 1955. Avis merupakan perusaaan penyewaan mobil di Amerika. Avis berkantor pusat di Parsippany-Troy Hills, New Jersey, Amerika. Perusahaan Avis baru dibangun pada tahun 1946. Walaupun tidak terlalu lama berdirinya, bisnis Avis sangat berkembang sehingga dia bisa membeli perusahaan Saunders.

Saingan perusahaan Saunders

Kompititor awal perusahaan Saunders adalah perusahaan bernama Chicago-based Rent-a-Car yang dibangun oleh Walter L. Jacobs. Jacobs membangun bisnis ini pada tahun 1918; dua tahun setelah perusahaan Saunders didirikan. Seiring berjalannya waktu, perusahaan Chicago-based Rent-a-Car berganti nama menjadi Hertz.


Sejak munculnya perusahan penyewaan mobil ini, sektor bisnis sewa mobil semakin berkemang dan meluas. Sekarang sudah banyak bisnis rental mobil yang tersebar di dunia dengan pemilik yang berbeda–beda. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar