Pilih Menurunkan Berat Badan atau Mati

Diposting oleh xexe on Selasa, 17 September 2013

Menurunkan berat badan atau mati mungkin terdengar sangat menyeramkan namun itu adalah kenyataan. Disini mati yang dimaksud adalah mati kecelakaan. Ini bukan hoax karena sudah ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh US Scientists.

Penelitian Menurunkan Berat Badan atau Mati Kecelakaan

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Dailymail menunjukan bahwa pengemudi yang obesitas sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan mereka. Hal ini dikarenakan pengemudi dengan berat badan berlebihan memiliki resiko tinggi meninggal dalam kecelakaan mobil dibandingkan pengendara lain – terutama wanita.

Tidak percaya? Menurut jurnal Emergency Medicine “80% pengemudi dengan berat badan berlebihan lebih mungkin meninggal dalam kecelakaan daripada pengemudi dengan berat badan yang sehat”. Wah, bahaya sekali kan.

menurunkan berat badan atau mati
Beberapa US Scientists melibatkan 6.806 pengemudi yang terlibat dalam 3.403 tabrakan. Untuk menghitung apakah para pengemudi obesitas atau tidak, para peneliti menggunakan sistem BMI (BODY MASS INDEX). Bila nilai BMI 30 atau di atasnya berarti orang tersebut obesitas. Sistem BMI mungkin agak kurang tepat bila orang tersebut adalah olahragawan dan wanita hamil pasalnya nilai BMI didapatkan dari perbandingan tinggi dan berat seseorang. Berikut hasil penelitiannya:
  • Pengemudi dengan nilai BMI pada angka 40 atau lebih, 80% mungkin meninggal dalam kecelakaan dibandingkan pengemudi dengan berat badan sehat.
  • Pengemudi dengan nilai BMI 35-39,9, 51% lebih mungkin meninggal dalam kecelakaan.
  • Pengemudi dengan nilai BMI 30 – 34,9, 21% resiko meninggal dalam kecelakaan.
  • Wanita gemuk memiliki risiko yang lebih besar dari pada pria gemuk.
Kenapa bisa kecelakaan bila ada seat belt? Masalahnya adalah keamanan pada mobil  seperti seat belt tidak dirancang khusus untuk menangani obesitas. Jadi sangat disarankan untuk menurunkan berat badan agar meminimalis persentase orang meninggal dalam kecelakaan.

Menurut Edmund King, presiden AA mengatakan bahwa memang mobil memang dirancang mengikuti berat badan tubuh sehat pria jadi emang agak kurang mengutungkan bagi para pengemudi dengan berat badan berlebihan.

Jadi ayo menurunkan berat badan untuk menurunkan resiko meninggal dalam kecelakaan. Ikuti diet yang sehat dan perbanyak olahraga Atau jangan mengemudi mobil tanpa pengaman khusus. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar