Kantong Belanja Carrefour Terbaru

Diposting oleh xexe on Senin, 18 Maret 2013

Kantong belanja yang kebanyakan digunakan di supermarket – supermarket Indonesia adalah plastik. Plastik yang biasa digunakan adalah plastik yang butuh waktu sangat lama untuk terurai. Salah satu penyebab banjir adalah kantong plastik yang banyak menutupi selokan dan mencemari tanah.

Beberapa tahun ini, Carrefour sebagai salah satu supermarket Indonesia mulai menyerukan “Produk Ramah Lingkungan”. Tahun lalu Carrefour Indonesia telah mengurangi penggunaan kantong plastik setidaknya di 6 gerai yang tersebar di Bali, Yogyakarta, Medan, Semarang dan Lebak Bulus. Di enam gerai tersebut, para pembeli yang ingin menggunakan kantong plastik harus membayarnya. Pihak Carrefour menyatakan bahwa kisaran harga kantong plastik adalah
  • Rp 400 untuk kantong plastik besar
  • Rp 200 untuk kantong plastik kecil
Kantong Belanja Carrefour

Selain kantong plastik, pihak Carrefour menawarkan kantong kain yang dibandol dengan harga Rp 9.900. Kantong kain ini bisa digunakan beberapa kali dan tidak mudah rusak. Bila rusak, pihak Carrefour mengatakan bahwa pemilik kantong kain ini bisa datang ke Carrefour dan menggantinya dengan yang baru. Boleh dibilang, rencana pengurangan kantong plastik ini pertama kali dimulai dari gerai Carrefour Bali karena awareness untuk go green di Bali lebih tinggi daripada daerah lain di Indonesia.

Tidak berhenti di sana, supermarket Indonesia Carrefour datang lagi dengan gebrakan barunya. Sudah beberapa bulan ini, para pembeli dapat menggunakan kantong belanja baru keluaran Carrefour. Kantong belanja baru ini dinyatakan oleh pihak sumpermarket Indonesia Carrefour sebagai kantong plastik yang ramah lingkungan karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun terurai.

Bila dibandingkan dengan kantong plastik biasa, memang kantong plastik ini lebih cepat hancur dan terurai. Kantong belanja yang membutuhkan waktu 2 tahun untuk terurai diberi logo EPI. Skema kantong EPI adalah
  • Tahap pertama kantong plastik akan hancur sedikit demi sedikit hingga menjadi serpihan kecil dan bubuk.
  • Tahap kedua biasanya dinamakan Biodegradation. Biodegradation adalah proses dimana serpihan kecil dan bubuk dirobak oleh ezim yang dihasilkan oleh organisme – organisme pengurai.
  • Tahap ketiga atau tahap terakhir adalah kembali ke alam. Zat-zat yang diuraikan oleh organisme dapat diserap oleh tanaman karena sudah aman dan bisa menjadi salah satu sumber makanan bagi tanaman.
Dikarenakan kantong EPI ini adalah kantong yang mudah terurai dalam waktu 2 tahun sehingga kantong ini memang lebih tipis. Bila membawa barang yang berat dan banyak, tidak ada salahnya kita membawa kantong kain. Toh kantong kain lebih tahan lama dan bisa dibawa kemana saja. Sampai disini dulu artikel informasi mengenai kantong belanja Carrefour. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar