Sejarah Ip Camera

Diposkan oleh Heni Minata on Selasa, 28 Februari 2012


CCTV IP Camera  merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan dengan tujuan menjaga keamanan dan mengawasi sebuah ruang atau tempat. Ip camera mungkin lebih jadul dari pada CCTV namun sejarahnya yang panjang dengan fungsi dan harga yang bersaing menjadikannya tetap beredar dipasaran. Kapan sebenarnya teknologi ini diperkenalkan kepada masyarakat?

Ip Camera pertama kali diperkenalkan pada dunia sebagai Axis Neteye pada tahun 1996 oleh perusahaan Axis Communication. Tapi jangan sampai salah mengenali Axis ini sebagai Axis operator selular yang beredar di Indonesia. Axis Communication merupakan perusahaan yang berasal dari Swedia dengan fokus usaha pada TC / IP protocol.

Axis Neteye merupakan teknologi dengan sistem terpusat yang menggunakan web server internal untuk kameranya. Pada tahun 1999, Axis Neteye akhirnya menggunkan Linux untuk mengoperasikan kameranya. Axis kemudian mengeluarkan Ip Camera lain yang bernama Vapix. Berbeda dengan pedahulunya, Vapix  menggunakan stander HTTP dan protocol real time streaming.

Pada tahun 1999, Mobotix muncul sebagai salah satu pesaing kuat. Mereka merupakan perusahaan pertama yang menggunakan sistem terdesentralisasi yang sudah digabungkan dengan linux. Sedangkan pada tahun 2005, Intellio muncul dengan inovasi baru mereka yang menggunakan sistem  analisis isi video secara onboard atau onboard video content analytics (VCA).

Tentu saja, setiap perusahaan ini memiliki produk mereka masing – masing dengan keunggulan yang berbeda-beda. Perbedaan ini muncul kanren sistem, protocol dan desain yang digunakan untuk memenuhi permintaan konsumer mereka. -hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar