Memilih Gitar Akustik

Diposting oleh xexe on Jumat, 17 Januari 2014

Gitar akustik merupakan salah satu alat musik yang paling umum dan sering ditemukan hampir di seluruh bagian dunia. Jadi tidak heran bila banyak orang yang bisa memainkan gitar daripada alat musik lainnya sehingga tidak heran bila banyak tips belajar yang bisa ditemukan secara online dan berbagai jenis gitar yang dijual di pasaran.

Tips Memilih Gitar Akustik

Semakin banyaknya jenis gitar tipe akustik yang ada dipasaran, Anda harus semakin pintar dalam memilih Gitar Akustik untuk diri Anda. Berikut ini beberapa tips yang mungkin membantu Anda menentukan pilihan:

Niat Belajar Gitar

gitar akustik
Sebelum membeli gitar, Anda memang harus memiliki NIAT main gitar. Jangan sampai setelah memainkannya beberapa minggu, Anda sudah meninggalkannya berdebu tanpa disentuh lagi. Pastikan niat Anda bukanlah niat soda (soda = cepat hilang). Buatlah komitmen bahwa Anda akan memainkannya setidaknya 2 kali seminggu.

Pilih Gitar Akustik Biasa atau Klasik

Pastikan dimana minat Anda, apakah gitar akustik biasa atau klasik. Perbedaan paling mencolok dari ke-2 jenis gitar ini adalah senar yang digunakan yaitu
  • Senar gitar akustik biasa adalah senar string (senar yang sama dengan gitar listrik). Senar baja / string mengeluarkan suara yang lebih nyaling sehingga cocok dengan lagu barat dan country
  • Gitar akustik klasik menggunakan senar nylon yang mirip dengan tali pancingan. Dengan senar nylon merupakan gitar yang digunakan untuk memainkan lagu – lagu klasik, latin dan pop karena suara yang dihasilkan dari petikan senar nylon adalah suara bulan dan mellow.

Bentuk Gitar

Bentuk gitar terutama pada body sangat perlu diperhatikan oleh sebab itu, gitar tidak boleh dipilih oleh orang lain kecuali Anda yang akan memainkannya. Pada saat memilih, jangan segan – segan untuk mencobanya untuk memastikan body gitar enak dipegang. Jangan lupa pastikan 1 tangan Anda bisa memeluknya dan bisa memetik senar gitar tersebut tanpa masalah. Bila ukuran badan Anda kecil, pilihlah body gitar yang lebih kecil.

Selain body, hal berikut yang perlu Anda cek adalah bagian neck gitar. Pastikan bagian neck pas dengan jari –jari Anda . cobalah memainkan beberapa chord untuk melihat segimana nyaman jari Anda berherak di neck gitar. Bila kurang pas, mungkin Anda perlu mencari neck yang tidak terlalu tebal.

Kualitas Gitar

Selain bentuknya, Anda perlu melihat kualitas gitar tersebuat. Anda perlu memastikan bahwa kualitas kayu yang digunakan pada gitar memang bagus. Bila memang kayu yang digunakan bagus – biasanya gitar akan terasa agak berat. Selain itu cek apakah ada cat yang terkelupas atau bagian lain yang tergores.

Selain goresan, cat dan kualitas kayu, Anda perlu juga memastikan neck gitar tidak bengkok. Untuk melihat apakah neck gitar bagus atau tidak, Anda bisa mencoba melakukan TUNING. Bila Anda belum bisa melakukannya, ajaklah teman atau minta penjaga toko yang bisa melakukannya.

Kualitas Suara

Hal penting yang paling tidak boleh dilupakan adalah kualitas suara yang dikeluarkan gitar. Kalau bentuk bagus tapi suara jelek, Anda tidak perlu pikir 2 kali untuk tidak membelinya. Perlu diingat bahwa setiap gitar memiliki suara dengan karakter yang berbeda-beda. 1 cara yang bisa digunakan pada semua gitar akustik adalah memainkan nada di atas fret 12. Pada saat Anda memainkan nada- nada di atas fret 12 pada setiap senar, bukalah kuping Anda dan dengarkan apakah suara yang dihasilkan masih bagus atau sudah fals. Bila tidak bisa, ajak teman atau saudara yang mengerti.

Sudah mendapatkan gitar yang disukai, jangan langsung beli tanpa melakukan perbandingan harga dengan toko lain dan menawar.  Jangan sampai Anda lupa. Semoga Anda cepat menemukan gitar akustik Anda. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar