Langkah Awal Mengatasi Demam Anak

Diposting oleh xexe on Kamis, 05 Desember 2013

Sudah berbagai cara menurunkan demam anak yang ditawarkan kepada orang tua. Dan sudah banyak artikel kesehatan dan orang tua anak yang menjelaskan bahwa demam bukanlah sesuatu hal yang menakutkan. Pasalnya, demam (suhu tubuh naik) dipicu karena adanya infeksi di dalam tubuh yang menjadi jalan masuk bakteri dan virus. Tubuh secara otomatis menaikan suhu tubuh agar bisa menghancurkan virus atau bakteri tersebut.

Kenapa Ada Demam dengan Jangka Waktu Panjang dan Pendek?

Jangka waktu demam anak yang terjadi biasanya disesuaikan dengan infeksi dan seberapa banyak virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya demam yang terjadi dikarenakan virus hanyalah demam jangka pendek (1-3 hari). Sedangkan demam yang lebih lama biasanya disebabkan adanya infeksi bakteri.

Gimana Cara Menangani Demam Anak?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak demam:

Ganti Baju Anak

Pada saat demam, pastikan anak mengenakan baju yang tidak tebal dan mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Dengan baju yang tidak terlalu tebal, tentu anak bisa beristirahat lebih nyaman.

Minta Anak Istirahat

demam anak
Pada saat demam, anak akan merasa sangat lemah, lesu dan kurang energi. Pastikan anak beristirahat yang cukup agar tubuh bisa fokus menyembuhkan diri. Pada saat demam, tubuh fokus untuk melawan benda asing yang masuk ke tubuh (bakteri atau virus). Pada saat seperti inilah, orang tua harus membiarkan tubuh anak menyembuhkan dirinya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sediahkan seteko penuh air putih yang siap diminum kapan saja di samping tempat tidur buah hati. Pada saat demam, anak sangat mudah dehidrasi. Dehidrasi yang berkepanjangan bisa menimbulkan penyakit lain. Selain menghindari dehidrasi, air sangat berperan penting dalam membantu tumbuh membuang panas dan sisa - sisa yang tidak dibutuhkan dari dalam tubuh.

Kompres Dahi Anak

Orang tua bisa memilih menggunakan fever patch plester penurun demam dari Rohto yang merupakan kompres modern atau kompres tradisional. Kompres tradisional adalah kompres menggunakan handuk yang sudah dicelup terlebih dahulu dengan air hangat. Pastikan 1/2 - 1 jam, kompres dinganti.

Asupan Gizi Penting bagi Anak yang Demam

Agar tubuh cepat sehat dan virus / bakteri cepat dikalahkan, orang tua harus menyiapakan asupan yang membantu tubuh memerangi infeksi. Asupan yang sangat disarankan adalah buah segar. Buah segar selain mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, mereka juga mengandung air sehingga cocok sebagai snack di kala sedang sakit.

Obat adalah Pilihan Terakhir

Obat memang cepat menurunakan suhu tubuh yang tinggi / demam namun tidak berarti baik. Pengkonsumsian obat penurun demam terus menerus akan membuat tubuh tidak dapat membentuk antibiotik untuk serangan virus / bakteri berikutnya.

Bila demam sudah lebih dari 3 hari dan di atas 40 derajat celsius, barulah minum obat. Untuk bayi yang sedang menyusui, obat tidak diminumkan langsung kebayi namun seharusnya bunda minum obatnya agar obat yang diminum bunda dapat diberikan dalam bentuk asi pada bayi.

Semoga informasi langkah awal mengatasi Demam Anak ini membantu. -hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar