Hemat Walaupun Menggunakan Pemanas Air

Diposting oleh xexe on Kamis, 20 Juni 2013

Water heater / pemanas air modern memang sangat efesien namun tidak berati kita harus mengganti pemanas air yang kita miliki. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa menghemat energi, air dan biaya. Perlu diingat bahwa pemanas air hadir dengan berbagai jenis seperti pemanas air gas alam, minyak, listrik dan tenaga sinar matahari. Selain tenaga, pemanas air juga dibagi lagi manjadi pemanas bertangki dan tidak bertangki. Mereka semua memiliki biaya operasional dan pegunaan energi yang berbeda-beda. Biasanya model tidak bertangki memiliki biaya operasional yang lebih besar daripada model bertangki.

Mengurangi Biaya Operasional Water Heater

Mungkin biaya operasional kita sudah cukup kecil, namun tidak ada salahnya mencoba cara – cara penghematan yang ditawarakan oleh About.com:

Selimut / Jaket Khusus Water Heater

Pemanas Air
Sekarang sudah ada selimut / jaket khusus untuk water heater yang berguna mengisolasi pemanas air agar panasnya tidak cepat hilang. Dengan menggunakan selimut / jaket khusus ini, kita dapat mengurangi 4%-9% tagihan pemanas air perbulannya dan mengurangi kehilangan panas 25% - 50%.

Gimana cara tahu, apakah tangki pemanas air memerlukan selimut / jaket? Caranya mudah, kita tinggal menyentuh permukaan tangki. Seharusnya tidak aka nada rasa hangat atau panas, bila sampai terasa panas atau hangat maka kita harus menyediahkan selimut / jaket. Carilah selimut dengan ranting R5 – R10.

Pada saat memasang selimut pastikan selimut tidak menutupi kertas tempelan yang berisikan data manufaktur dan tanda-tanda keselamatan yang perlu diperhatikan. Agar lebih aman mintalah orang ahli yang memasangkannya karena ada beberapa bagian sepertu puntu ke burner yang tidak boleh tertutupi.

Mengurangi Permintaan Air Panas

Cara paling gampang menurunkan biaya operasional adalah mengurangi ketergantungkan kita akan air panas. Mungkin untuk kegiatan yang kurang penting, kita tidak perlu menggunakan air panas. Kegiatan yang dimaksud adalah mencuci peralatan dapur kotor biasa terkecuali  peralatan yang terkena mentega dan kotoran lainnya yang sudah dibersihkan tanpa bantuan air panas.

Selain mengurangi pemakaian, kita harus memastikan tidak adanya air panas yang bocor. Biasanya kerang dan shower yang rusak selalu mengeluarkan air. Percaya atau tidak, air yang keluar terlihat dikit namun bila dikumpulkan bisa sampai segalon per dua bulannya.

Bila mesin cuci pakaian dan piring kita terhubung langsung dengan water heater, saatnya mencari mesin cuci piring dan pakaian yang hemat energi dan pemakaian air panasnya. Bila tidak mau, kita fokus memastikan tidak ada air yang bocor.

Menghangatkan Pipa Air panas

Semakin lama perjalanan air panas di pipa sampai ke kamar mandi, akan semakin cepat airnya dingin. Bila tidak bisa meletakan mesin water heater dekat dengan kamar mandi untuk mengurangi jarak perjalanan air panas, cara yang bisa digunakan adalah menghangatkan pipa air panas. Menghangatkan pipa air panas hanya perlu dilakuakn pada awal jarak 5-10 kaki dari water heater. Gunakan isolasi khusus , bila bingung tanya toko bagunan atau toko dimana kita membeli water heater.


Semoga artikel informasi dan tips ini berguna 

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar