Trik Untuk Dapur Mungil

Diposting oleh xexe on Senin, 20 Mei 2013

Ukuran dapur yang mungil tidak jadi masalah karena sekarang sudah ada yang namanya dapur minimalis. Sekecil apapun ukuran ruangan untuk dapur asalkan kita tahu cara mengaturnya dengan mengadopsi nilai minimalis, kita bisa mendapatkan dapur yang pas dan memenuhi fungsinya. Toh dapur dengan ukuran yang luas belum tentu efisien. Lebih baik kecil namun efisien.

Beberapa Kiat Dapur Minimalis Mungil

Dapur Minimalis
  • Gunakan kompor listrik atau gas dengan ukuran 24” di mana kompor sudah dilengkapi setidaknya ada empat tungku dan satu oven. Daripada membeli perlengkapan dapur secara terpisah lebih baik mencari sebuah alat dapur yang sudah dilengkapi berbagai fungsi seperti kompor yang sudah dilengkapi dengan oven.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan peralatan dapur yang kecil namun memiliki fungsi yang sama seperti dengan peralatan dapur yang besar. Contoh mixer tangan dan mixer otomatis memiliki fungsi yang sama namun mixer tangan tidak makan tempat sehingga cocok untuk dapur minimalis yang mungil.
  • Letakan barang yang tidak sering dipakai ke dalam rak tertutup (lemari) agar dapur terlihat rapi walaupun ukuran dapur yang kecil. Ada baiknya perbanyak rak penyimpanan tertutup. Untuk lemari atas yang menempel di dinding, bisa gunakan ukuran 6” atau ukuran lain  sesuai dengan kebutuhan.
  • Pada bagian atas kulkas, kita bisa membuat sebuah lemari yang nempel langsung ke dinding namun tidak bersentuhan dengan bagian atas kulkas agar kita tetap mudah membersihkan kulkas.
  • Untuk rak yang tertutup dengan kaca, pastikan kita menyusunya serapi dan seindah mungkin agar tidak memberikan kesan berantakan.
  • Jangan membeli terlalu banyak peralatan makanan. Pastikan kita hanya membeli sesuai dengan jumlah yang memang kita butuhkan. Jangan berlebihan. Seandainya kita membeli peralatan makanan dengan jumlah yang banyak walaupun sebenarnya kita tidak menggunakannya terkecuali event tertetu, pastikan peralatan tersebut tersusun rapi di dalam lemari.
  • Cara penyusunan piring yang tidak makan tempat adalah penyusunan timpak ke atas. Kita tidak perlu menggunakan rak piring berdiri yang membuat piring disusun berdiri karena rak seperti itu makan banyak tempat.
  • Layout dapur yang banyak digunakan untuk dapur minimalis adalah layout berbentuk U, L, One Wall, Island dan Galley. Pilihlah layout yang sesuai dengan ruang kosong untuk dapur kita.
  • Untuk warna, ada baiknya menggunakan warna yang digabung dengan warna putih. Warna yang banyak digunakan di dapur adalah warna terang seperti warna krim, kayu, light sea green atau hitam.
  • Pastikan susunan di setiap tempat mudah diakses seusia dengan kebutuhan. Tidak lucu bila lemarik piring letaknya sangat jauh dari tempat cuci piring dan rak bumbu masakan jauh dari kompor.
Semoga kiat – kiat pada artikel tentang informasi dapur minimalis membantu kita semua merancang dapur mugil yang efisien. Untuk lebih jelasnya ada baiknya kita cek gambar dapur – dapur mungil di Google sebagai contoh. Pemilihan produk dengan fungsi yang efisien membuat dapur tidak penuh. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar