Membuat Cetak Brosur Dengan Photoshop

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 16 Mei 2012


Cetak brosur merupakan cara pengiklanan yang mungkin sering dilupakan seiring iklan TV dan internet semakin mendominasi dunia periklanan pada era teknologi ini. Namun perlu diingat bahwa cetak brosur merupakan salah satu cara promosi yang sangat efektif. Brosur merupakan perwujudan nyata dari sebuah iklan yang bisa dibawa kemana saja dan diambil oleh calon pelanggan. Sedangkan iklan TV dan internet akan terlupakan bila sudah tidak muncul lagi.

Buat Cetak Brosur Dengan Adobe Photoshop
Membuat sebuat cetak brosur bisa dilakukan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Berikut langkah – langkah yang bisa digunakan:
  • Persiapkan gambar yang diperlukan untuk brosur di sebuah folder khusus dengan nama ‘brosur’ (nama bisa diganti) agar mudah menemukannya.
  • Buka aplikasi Photoshop. Saat membuka aplikasi Photoshop akan muncul sebuah kotak untuk membuat file baru. Masukan 11 inci untuk lebar dan 8.5 inci untuk tinggi. Pastikan resolusinya adalah 300dpi. Namakan file ini dengan nama ‘cetak brosur A’ (nama bisa diubah sesuka hati) baru klik ‘OK’.
  • Pastikan Anda ingat bahwa bagian kiri dari kanvas adalah bagian depan dari brosur.
  • Gunakan tool ‘Paintbucket’ atau ‘Gradient’ untuk memberikan warna dasar atau gradient pada kanvas. Anda bisa memilih warna apa saja yang sesuai dengan tema brosur yang akan dibuat.
  • Pilih tool ‘A’ atau ‘Text’ untuk menambahkan tulisan. Anda bisa memilih ukuran, bentuk dan warna tulisan cetak brosur sesuai dengan keinginan. Gunakan ‘Move’ untuk mengatur letak tulisan dalam brosur.
  • Pilih ‘File’ dari menu kemudian klik ‘Open’ yang ada di dalam ‘File’. Pada window yang akan muncul, Anda bisa memilih gambar yang ingin dimasukan ke dalam brosur. Masukan 1 gambar untuk bagian depan dan belakang cetak brosur.
  • Gunakan ‘Move’ untuk mengatur tata letak gambar. Dengan tool ini juga, Anda bisa mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan keinginan.
  • Anda juga bisa menggunakan tool ‘Brush’ untuk menambahkan efek seperti rumput, daun, bunga, bintang dan betuk lainnya.

Ketika Anda sudah merasa puas dengan karya Anda, Anda bisa save dengan format yang diinginan agar mudah dicetak. Semoga info ini berguna untuk Anda. –hm

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar