Dasar Laporan Keuangan

Diposkan oleh Heni Minata on Kamis, 05 Januari 2012


Siapa yang tidak tahu program akuntansi yang dapat memudahkan orang dalam memahami dan membuat laporan keuangan. Tapi gimana bila pembuatan laporan ini dikerjakan secara manual?  Human error akan semakin banyak terjadi, apalagi bila dasar - dasar akuntasi sudah terlupakan. Apa saja yang termasuk dalam laporan keuangan? Pada umumnya laporan keuangan terbagi atas empat bagian, mereka adalah:

Neraca
Neraca berfungsi untuk memberikan informasi keuangan untuk jangka waktu tertentu. Laporan ini terdiri dari aktiva dan pasiva. Aktiva adalah aset yang meliputi aset lancar, investasi, dana cadangan, aset tetap dan aset lainnya. Sedangkan pasiva adalah kewajiban dan ekuitas dana dari perusahaan atau badan usaha seperti kewajiban membayar dan ekuitas dalam jangka pendek ataupun panjang.

Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi berisikan pendapatan dan beban biaya suatu badan usaha untuk periode waktu tertentu. Laporan ini bertujuan untuk memperlihatkan laba rugi yang dialami dalam periode waktu tersebut.

Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal bertujuan untuk memperlihatkan perubahan – perubahan yang terjadi pada modal usaha. Laporan ini berisikan sebab – sebab perubahan modal.

Laporan Arus Kas
Laporan arus kas ini digunakan untuk mengevaluasi perubahan aktiva bersih dan struktur keuangan yang dialami sebuah badan usaha sehingga bisa diukur kemampuan sebuah badan usaha pada periode berikutnya.

Ke – empat laporan ini adalah laporan dasar yang terdapat dalam buku pelajaran mengenai akuntansi. Dari ke – empat laporan tersebut, laporan yang pasti dapat ditemukan dalam setiap badan usaha baik itu swasta maupun negeri adalah neraca sehingga laporan neraca ini menjadi laporan yang harus benar- benar dikuasai saat bekerja sebagai seorang akuntan. Mari bersama mempelajari akuntansi –hm-

{ 1 komentar ... read them below or add one }

uii profile mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Poskan Komentar