Perawatan Untuk Melawan Varises

Diposkan oleh Heni Minata on Rabu, 28 Desember 2011


Salah satu perawatan yang memakan biaya yang tidak kecil adalah perawatan kulit. Semakin banyak masalah pada kulit yang harus disembuhkan akan semakin mahal perawatannya. Salah satu masalah yang dihadapi adalah varises. Sebenarnya varises bukanlah penyakit kulit karena varises terjadi di dalam tubuh, lebih pastinya terjadi pada pembuluh darah vena atau balik.  Namun masih banyak yang masih menganggapnya sebagai bagian dari penyakit kulit.

Pengobatan varises secara umum adalah:
  • Tidur dengan kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung saat tidur untuk melancarkan peredaran darah.
  • Stocking khusus varises menekan pembuluh darah vena hingga otot dinding pembuluh bisa  berkerja secara maksimal. Stocking bisa mencegah dan mengurangi rasa sakit walau hanya sementara.
  • Rendam ke-2 kaki dengan air hangat setelah pulang ke rumah selama 15-30 menit.
  • Julurkan kaki saat duduk setelah berolahraga atau berjalan jauh.
  • Konsumsi makanan yang  dapat membantu aliran darah seperti bawang merah, putih dan bombay. Selain bawang, ada juga jahe, cabai, sayur hijau, peterseli dan kacang kedelai.
  • Meminum teh herbal yang terbuat dari bunga jeruk nipis biloba, biji anggur dan mint.
  • Pijat refleksi pada ujung / telapak kaki.

Note: Jangan diurut daerah yang bervarises karena dampat membuatnya pecah.

Pengobatan dari dokter
  • Suntikan obat : diberikan pada jenis varises yang masih tergolong ringan dan biasanya terdapat di kaki. Obat yang diberikan bisa  membantu menguatkan dinding pembuluh darah vena dan mempelancar aliran darah.
  • Sinar laser dan terapi listrik : digunakan untuk varises spider navy yang disebabkan oleh perubahan suhu extreme, terlalu sering terpapar matahari, hamil, keturunan, pengobatan yang menggunkan hormon dan mengonsumsi makanan yang penuh rempah dan pedas. Varises spider navy tidak hanya muncuk di kaki saja karena dia bisa muncul dimana saja seperti paha, wajah, lenggan dan bagian lainnya. Perbedaan dari ke-2 terapi ini adalah terapi laser mengeringkan pembuluh darah sedangkan terapi alat listrik memasukan zat yang diperlukan untuk mengecilkan pembuluh darah.
  • Pengobatan bertahap dan komplit : dilakukan untuk mengobati varises Reticular Varicose Veins yang sudah digolongkan parah. Dokter akan mengikuti tahapan seperti obat minum, suntikan zat iritasi ke dalam pembuluh darah, pengunaan stocking varises dan olahraga ringan seperti berenang, jalan kaki dan jogging. Sutikan yang diberikan akan membantu menutup jalan darah menujuh pembuluh dara yang rusak sehingga darah hanya mengalir pada vena yang memang masih berfungsi.
  • Operasi: akan dilakukan setelah seseorang menderita varises kronis dan tidak mempan menggunakan pengobatan lainnya. Operasi dilakukan untuk memotong pembuluh darah vena yang  rusak.
Semoga Berguna -hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar