Susah Mendesain Kotak Kemasan sendiri?

Diposting oleh xexe on Kamis, 14 Juli 2011

kotak kemasan pink
Jika dulu, semua proses pembuatan kotak dilakukan secara manual. Sekarang, dengan perkembangan dunia teknologi, berbagai proses pembuatan kotak semakin mudah. Jika dulu,waktu yang dibutuhkan untuk membuat 100 kotak adalah seharian. Saat ini, kotak yang diproduksi dalam sehari bisa mencapai 1.000 buah. Ehm, jika begitu berarti keuntungan dalam pembuatan kotak ini semakin bertambah dong? Yap, namun perlu diingat bahwa biaya operasionalnya juga bertambah.

Mendesain Kotak

Dalam mendesain sebuah kotak, sudah tercipta software yang memudahakan serta mempercepat kita dalam membuat desain, ganti desain, warna, hiasan dan font. Salah satu software yang digemari adalah Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan salah satu software edit gambar yang paling banyak digunakan dan lebih mendunia.

Photoshop bisa digunakan untuk
  • Mendesain gambar baru
  • Mengedit / mempercantik gambar yang sudah ada
  • Mengabungkan 2 atau lebih gambar
  • Memberikan efek khusus pada gambar

Mencetak Kotak

kotak kemasan
Selain perkembangan dalam mendesain sebuah kotak, sekarang pembuatan kotak tidak perlu manual lagi. Untuk pembuatan dalam jumlah sedikit, kita bisa menggunakan print biasa. Jika ingin mencetak kotak dalam jumlah banyak, kita hanya perlu memberikan hasil desain kita untuk dicetak sesuai dengan bahan pilihan.

Jadi dibilang membuat kotak itu susah, sebenarnya tidak. Yang susah adalah mencari ide untuk desain kotak yang sesuai. Untuk mencari ide, langsung browsing dan mengecek website kreatif. Disana kita bisa melihat contoh-contoh desain kotak yang sudah ada. Dengan mempelajari contoh yang sudah ada, kita bisa coba come up dengan ide yang lebih upgrade.

Dalam mencari ide, Anda perlu mengingat selain bentuknya, Anda bisa bermain pada bahan, gambar, hiasan tambahan dan warna yang digunakan untuk kotak. Jadi jangan hanya terpaku pada bentuk. Dengan mengubah warna dan jenis tulisan saja bisa membuat sebuah kotak kemasan Anda berbeda dengan kotak lainnya. Agar tidak mainstream, Anda bisa membuat kotak kemasan yang bisa digunakan lagi atau mudah didaur ulang. Jangan batasi kreativitas Anda.


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar