Penyakit Pernafasan Asbestosis

Diposting oleh xexe on Senin, 13 Januari 2014

Asbestosis merupakan penyakit pernafasan yang menyerang organ pernafasan manusia, paru – paru. Penyebab utama penyakit ini adalah menghirup serat asbes. Menghirup serat asbes dalam jangka waktu yang panjang bisa memincu parut (fibrosis) pada jaringan paru-paru.

Apa itu Asbes?

Asbes atau Asbestos adalah mineral yang tahan panas sehingga banyak digunakan untuk rangka besi, campuran pembuatan atap dan tembok agar tidak mudah terbakar. Ketahanan akan panas, membuatnya banyak digunakan. Namun ternyata Asbes merupakan mineral yang berpenaruh buruk bagi tubuh manusia.

Asbes dapat menyebabkan kanker dan penyakit saluran pernapasan, 20 – 30 tahun kemudian. Dikarenakan berbahaya, beberapa negara sudah mengeluarkan undang–undang khusus untuk melarang pemakaian Asbes. Dengan adanya undang-undang ini, bagunan baru menggunakan bahan lain yang lebih ramah lingkungan.

Jaringan Parut pada Paru – Paru

Penyakit Pernafasan Asbestosis
Jaringan parut yang terbentuk karena pasien menghidurp terlalu banyak serat Asbes bisa menyebabkan penurunan kinerja paru-paru. Bisa dibilang paru – paru tidak dapat mengembang dan mengempis sebagaimana mestinya. Dengan sistem kerja paru-paru yang terganggu maka asupan oksigen ke seluruh tubuh pun akan terganggu. Beratnya penyakit ini tergantung berapa banyak dan lamanya seseorang menghidup serat Asbes.

Gejala Penyakit Pernafasan Asbestosis

Gejala penyakit ini muncul secara bertahap. Biasanya gejala muncul setelah beberapa tahun penghirupan asbes pertama /awal. Pada umumnya penderita penyakit pernafasan asbestosis akan mengalami 3 gejala yaitu:

Sesak Napas

Dikarenakan kinerja paru-paru menurun maka penderita penyakit ini sering mengalami sesak napas. Pada awalnya sesak napas hanya terjadi ketika penderita melakukan aktifitas berat. Namun seiring berjalannya waktu, kinerja paru – paru semakin turun sehingga penderita akan mengalami serangan sesak napas walaupun dia tidak melakukan aktifitas berat.

Batuk Kering dan Nyeri Dada

Selain serangan sesak napas, pasien akan mengalami batuk kering yang disertai nyeri pada bagian dada. Batuk kering yang disertai rasa sakit dada pada awalnya datang dan pergi begitu saja namun seiring berjalannya waktu, frekuensi serangannya makin sering.

Kelainan Jari dan Kuku

Penyakit Asbestosis yang berat memiliki gejala kelainan pada jari yang dikenal dengan nama clubbing yang merupakan kelainan bentuk kuku dan jari. Tanda-tanda clubbing adalah
  • Pangkal kuku naik dan melengkung
  • Penebalan di distal jari tangan
  • Ujung-ujung jari yang mulai melebar kesamping seperti bengkak
  • Jari dan kuku mengkilap

Mengatasi Penyakit Asbestosis

Satu-satunya cara mengatasinya adalah menghubungi dokter yang sudah berpengalaman dalam menagani penyakit pernafasan Asbesrosi dan hindari menghirup asbes lagi.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar