Obat Baru Untuk Semua Tumor Ganas dan Kanker

Diposting oleh xexe on Selasa, 21 Januari 2014

Pengobatan tumor ganas dan kanker terus berkembang setiap tahunnya. Persamaan dari tumor ganas dan kanker adalah sama-sama memiliki sel kanker. Berbagai peneliti tidak pernah berhenti mencari alternatif obat lain yang bisa membantu para pasien penyakit tumor ganas dan kanker. Para peneliti dari University of New South Wales (UNSW) yang berada di Australia yelah sejak lama mencari obat baru yang dapat menyembuhkan berbagai jenis tumor ganas dan kanker.

Obat Baru Untuk Pengobatan Tumor Ganas dan Kanker

pengobatan tumor dengan tr100
Obat baru yang dikembangkan para peneliti dari UNSW dinamakan TR100. Obat ini bekerja dengan menyerang myosin yang membentuk struktur sel kanker. Jangan khawatir karena obat ini tidak akan menyerang sel-sel sehat. Para peneliti UNSW telah menerbitkan penemuan mereka di Cancer Research pada tahun 2013.

Untuk tumbuh dan berkembang, sel kanker membutuhkan struktur pendukung. Protein pembentukan struktur pendukung sel kanker adalah protein actin dan myosin. Sebenarnya ke-2 protein ini juga digunakan untuk pembentukan hati sehingga sebagai besar peneliti tidak meneliti sebagai target kemoterapi. Pengembangan obat yang menargetkan protein terhenti setidaknya 25 tahun. Namun Dr. Peter Gunning selaku spesialis Myosin dunia tetap berusaha mencari cara gimana mengisolasikan 2 jenis myosin atau tropomyosins yang biasa digunakan oleh sel kanker. Beliau bekerja sama dengan Dr. Justine Stehn untuk membuat TR100.

Alasan Dr. Peter Gunning dan Dr. Justine Stehn Fokus pada TR100

Menurut Dr. Stehn, tumbuh memiliki sistem yang unik. Ketika sel terinfeksi, rusak atau tidak lagi bisa bekerja dengan baik; tubuh dengan sendirinya akan mengirim sinyal agar program penghancuran diri pada sel tersebut diaktifkan. Program tersebut akan membuat sel menghancurkan dirinya sendiri menjadi serpihan kecil yang kemudian akan diserat, didaur ulang atau digunakan kembali oleh sel sehat lainnnya.

TR100 diciptakan untuk menghancurkan 2 tropomyosins pada sel kanker. Memang benar sel induk juga menggunakan tropomyosins namun sel induk bisa terus menghasilkan sel baru jadi tidak perlu dikhawatirkan. Yang mungkin perlu diperhatikan adalah TR100 dapat mempengaruhi bagun tubuh yang masih menggunakan sel induk seperti tulang sumsum , otak dan bagian lainnya.

Namun jangan khawatir karena Dr. Stehn mengatakan dia sudah menguji obat ini pada sel jantung, hati dan otak di laboratorium; hasilnya adalah sel- sel tersebut tidak terluka sama sekali karena obat ini. Jadi bisa dibilang obat ini cukup aman. Dr. Stehn kemudian menggunakan TR100 pada 2 jenis kanker yaitu Neuroblastoma dan Melanoma. Dalam ke-2 kasus tersebut, TR100 membunuh sel kanker dengan efektif dan tidak menyentuh sel yang sehat sama sekali.

Studi obat untuk pengobatan tumor ganas dan kanker ini bisa dilakukan karena adanya dana dari The Kids’ Cancer Project. Jadi tidak heran bila pioritas penelitian ini adalah mengobati tumor ganas dan kanker pada anak-anak. Untuk saat ini obat ini belum dipasarkan karena masih belum diuji secara klinis. Para peneliti berharap obat ini akan diuji klinis pada tahun 2015 agar bisa digunakan sebagai obat pengobatan tumor ganas dan kanker pada anak – anak. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar