Memaksimalkan Fungsi Air Hangat Untuk Mandi

Diposting oleh xexe on Kamis, 24 Oktober 2013

Berendam dengan air hangat dari pemanas air pada dasarnya merupakan cara Hidroterapi untuk membantu perbaikan tubuh yang lelah dan sakit. Namun beredam biasa – biasa saja tidak akan memberikan manfaat.

Dapatkan Manfaat Maksimal Berendam Air Hangat dari Pemanas Air

Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk membuat Anda bisa menikmati manfaat maksimal berendamair hangat.

Perhatikan Suhu Air Panas

air hangat dari pemanas air
Beredam air hangat merupakan psikoterapi yang mampu membantu kita lebih damai dan menenangkan.  Namun perlu diingat bahwa suhu yang terlalu panas hanya akan membuat kita susah tidur nantinya. Itu sebabnya banyak orang menyarankan penderita insomnia untuk tidak mandi atau berendam air hangat.  Jadi pastikan air hangat yang digunakan hanya suam suam kuku, jangan terlalu panas.

Disarankan bagi wanita hamil, maksimum suhu air panas yang digunakan untuk berendam / mandi adalah 37 derajat celcius atau 100 derajat Fahrenheit.

Minum Air

Sebelum dan sesudah berendam dalam air hangat, pastikan mengkonsumsi air putih (suhu ruangan – tidak dingin ataupun panas). Berendam di dalam air hangat bisa membuat kita mudah dehidrasi sehingga konsumsi air sangat diperlukan untuk mengasup cairan tubuh.

Air Panas dan Dingin

Keluar masuk kolam air panas dan dingin secara bergantian ternyata dapat membuat tubuh menjadi letih. Kenapa bisa? Karena tubuh harus menyesuaikan lagi suhu di dalam tubuh dengan suhu di luar tubuh. Tanpa ada jeda, tubuh terpaksa harus memaksakan diri sehingga kinerja otot dan syaraf dipaksa kerja lebih keras.

Setelah membersihkan tubuh dengan air biasa, barulah berendam. Setelah berendam +/- 5 menit, jangan berpikir untuk menyiram tubuh dengan air dingin. Keringankan badan dengan handuk, pakai baju dan siap – siap tidur.

Kepala tetap Dingin

Ketika berendam, pastikan air hanya sampai dada. Biarkan leher dan kepala tidak terendam agar kepala tidak mengalami pusing yang merupakan efek dari berendam air hangat. Sangat disarankan menggunakan handuk dingin pada kepala atau leher agar suhu di dalam tubuh tidak terlalu panas.


Tubuh terasa lebih ringan setelah berendam air panas. Agar gak susah, langsung gunakan pemanas air saja. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar