Bulan Puasa: Berat Badan Turun Dengan Sehat

Diposting oleh xexe on Rabu, 17 Juli 2013

Puasa bukanlah cara diet yang disarankan bila kita tidak cara puasa yang baik dimana saat kita berpuasa, kita masih tetap bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan berpuasa dengan baik dan sehat, sebenarnya secara tidak langsung puasa yang kita lakukan menurunkan beratbadan kita. Gimana cara menjalankan puasa yang baik serta sehat? Berikut caranya:
buah
  • Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terutama gula dan sirup jagung. Gula merupakan sumber kalori. Semakin banyak gula yang dikonsumsi berarti semakin banyak kalori yang masuk dalam tubuh. Masalahnya adalah saat puasa, aktifitas kita terbatas sehingga kalori yang ada dalam tubuh tidak terbakar sempurna jadi kurangi konsumsi gula. Untuk kebutuhan gula dalam darah hanya perlu didapatkan dari buah kurma atau buah segar lainnya.
  • Tetap konsumsi daging. Konsumsi daging merah (sapi / kambing) atau daging putih (ayam / ikan) pada saat sahur. Tentu porsinya perlu diperhatikan. Untuk danging merah dan ayam, porsinya tidak boleh lebih lebar dari kepalan tangan kita. Usahakan tidak mengkonsumsi kulit karena kulit mengandung banyak lemak. Untuk ikan, konsumsi sewajarnya saja. Konsumsi daging dengan cara direbus, ditanak atau ditumis. Bila mau mengorengnya, usahakan menggunakan minyak rendah kalori.
  • Pada saat berbuka, jangan langsung menyantap makanan berat. Cukup hanya makan kurma atau buah segar serta dua gelas air putih. Setelah ½ atau 1 jam barulah kita mulai menyantap makanan berat.
  • Untuk makanan berat pas berbuka dan sahur, ganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit kalori. Dan nasi merah membuat perut kenyang untuk waktu yang lama sehingga kita tidak ngampang lapar.
  • Minuman yang disarankan selama puasa adalah air putih dan jus buah murni tanpa gula. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein dan soda pada saat berbuka hingga sahur terutama untuk orang-orang yang memiliki lambung lemah (maag, gampang sakit perut).
  • Untuk mendapatkan badan langsing, selain makanan yang harus dijaga; kita juga harus berolahraga. Olahraga membuat kita langsing dan menjaga kebugaran tubuh. Setelah berbuka dan makan, tidak ada salahnya melakukan aktifitas olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau berenang. Bila tidak bisa, aktifitas membersihkan kamar, rumah dan  merapikan meja makan serta mencuci bisa menjadi pilihan.
  • Saat berbuka dan sahur perbanyakn konsumsi air, buah dan sayur. Selain menjaga tubuh dari dehidrasi, buah dan sayur menjaga agar metabolisme tubuh tetap lancar selama berpuasa. Selain itu semakin banyak asupan serat, semakin cepat kita menurunkan berat badan.
  • Protein merupakan asupan tubuh yang penting. Selain daging, protein bisa didapat dari telur dan kacang kedelai. Susu kacang bisa menjadi pilihan minuman saat berbuka. Susu kacang kedelai mengandung protein dan membantu mengatasi dehidrasi setelah seharian berpuasa.
Menurunkan berat badan saat bulanpuasa bisa ngampang asalkan kita tahu caranya. Sampai ketemu di artikel informasi lainnya –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar