Kiat Merawat Kulkas

Diposting oleh xexe on Senin, 03 Juni 2013

Lemari es atau kulkas merupakan sebuah barang elektronik dapur yang membantu menjaga kesegaran makanan dan membuat minuman menjadi dingin. Seperti elektronik lainya, kulkas pun dapat rusak. Jangka waktu lama atau cepatnya sebuah kulkas rusak  tergantung gimana cara kita merawat dan menggunakannya. Semakin kita merawat dan menggunakannya dengan baik, kulkas tersebut akan semakin berumur panjang.

Cara Merawat  dan Menggunakan Sebuah Lemari Es

merawat lemari esCara merawat dan menggunakan kulkas atau lemari es yang baik ini sebenarnya sederhana dan banyak dibahas dalam beberapa buku panduan penggunaan kulkas. Berikut cara merawatan dan menggunakan lemari es yang baik:
  • Jangan mengisi kulkas hingga penuh dan sesak, ingat bahwa kulkas memiliki batas maksimal muatan. Ingat yang kita isi adalah kulkas bukan gudang. Jangan membiarkan dia bekerja terlalu keras sebab dia akan lebih cepat capek dan berhenti bekerja nantinya.
  • Jangan memasukan makanan atau minuman yang masih panas atau suam suam kuku. Tunggulah makanan dan minuman tersebut dingin terlebih dahulu dengan bantuan suhu ruangan barulah dimasukan ke dalam kulkas.
  • Membersihkan kulkas setidaknya tiga bulan sekali. Ingat kulkas tidam akan membunuh bakteri dan jamur yang terbawa oleh makanan. Suhu dingin dalam kulkas hanya dapat mengnonaktifkan mereka sementara.
  • Jangan menggunakan benda tajam untuk ketika membersihkan kulkas terutama ketika kita ingin membersihkan bunga es. Memang bunga es keras tetapi kita tidak perlu kasar. Cara paling mudah tanpak menggunakan benda tajam adalah mematikan (non aktifkan) kulkas dan biarkan dia mencair sendirinya baru kemudian membersihkan kulkas bagian dalam secara keseluruhan.
  • Membersihkan kulkas itu mudah yaitu keluarkan barang – barang yang bisa dikeluarkan seperti rak. Letakan mereka di tempat cuci piring. Dengan bantuan spon dan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring (Sunlight atau Mamalemon) bersihkan bagian dalam kulkas lalu lap basah agar sabun terbilas beberapa kali kemudian lap kering. Setelah bagian dalam selesai, saatnya membersihkan rak – rak kulkas yang sudah dikeluarkan. Gunakan spon dan air hangat sabun yang sama untuk membersihkannya, setelah bersih bilas kemudian jemur hingga kering. Setelah kering barulah masukin ke kulkas dan baru dinyalahkan sudah pastikan semuanya terpasang dengan benar.
  • Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es bila tidak diperlukan dan pastikan pintunya selalu tertutup rapat ketika kita meninggalkannya. Ini agar hawa dingin di dalam tidak keluar.
  • Jangan meletakan kulkas dekat dengan sumber panas seperti kompor. Dan jangan melekatkan kulkas langsung pada dinding. Pastikan ada jarak 15 – 20 cm antara kulkas dengan dinding.
  • Membersihkan kondensor yang ada di belakang kulkas secara teratur agar proses pelepasan panasnya bisa berjalan dengan baik. Bersihkan juga bagian menyimpan air buangan.
  • Ketika listrik padam, pastikan lansung mengcabut sambungan kulkas dengan aliran listrik. Ketika nyala, setidaknya biarkan setidaknya 1 menit baru colok kembali untuk memastikan bahwa lsitrik tidak akan padam lagi. Lampu yang mati hidup mati hidup dapat merusak kompresor dari lemari es.


Lemari es yang dijaga dengan baik akan bertahan lebih lama lo. Sampai jumpa di artikel informasi lainnya –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar