Hindari Gula Untuk Langsing

Diposting oleh xexe on Rabu, 03 April 2013

Gula merupakan salah satu pemicu naiknya berat badan sehingga untuk mendapatkan tubuh langsing, disarankan untuk menghindari gula. Pengkonsumsian gula dalam dosis yang banyak tidak hanya membuat tubuh makin gemuk tetapi juga memicu berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kerusakan gigi dan penyakit lainnya.

badan langsing
Untuk mengindari penyakit berbahaya dan tebuh yang kegemukan, kita bisa mengurangi asupan gula dari hidup kita. Dengan berkurangnya asupan gula, secara tidak langsung kita akan mengurangi tingkat insulin yang ada dalam tubuh kita. Insulin merupakan sebuah hormone yang mengatur metabolisme karbohidrat. Dengan  adanya penurunan insulin, tubuh akan mengeluarkan glukagon dimana glukagon ini akan membuat tubuh mengubah lemak menjadi energi. Jadi boleh dibilang mengurangi konsumsi gula berarti turunnya insulin dan munculnya glukagon yang akan membuat tubuh mengurangi lemak dari jaringan lemak karena tubuh mau mengubah lemak menjadi energi sehingga kita bisa mendapatkan tubuh langsing.

Cara Mengindari Konsumsi Gula Kebanyakan
Untuk menurunkan konsumsi gula dan insulin, berikut ada delapan (8) caranya:
  1. Mengurangi takaran gula untuk minuman. Bila biasanya saat minum teh atau kopi, kita memasukan dua sendok teh gula makan sekarang hanya satu sendok atau setengah sedok saja. Tidak ada salahnya juga minum teh dimana gulanya diganti dengan madu atau gula khusus penderita diabetes.
  2. Selain teh dan kopi, minuman yang banyak menggunakan gula adalah jus buah. Memang jus buah sangat sehat namun dengan takaran gula yang tinggi, jus akan menjadi penyebab penyakit. Tidak ada salahnya mengkonsumsi jus buah yang dibuat tanpa gula maupun campuran fruktosa (gula buah). Amannya lagi, ganti jus buah dengan sebuah buah segar dan segelas air putih.
  3. Hindari produk – produk yang mengandung gula pasir, gula cair, sirup jagung, glukosa, fruktosa, gula buatan dan lainnya. Memang makanan dengan kandungan ini sangat enak, namun demi mendapatkan tubuh langsing dan sehat, sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan ini.
  4. Perbanyak konsumsi buah segar, sayur segar, kacang, produk gandum, daging segar dan legumes sebagai penganti produk – produk yang mengandung pemanis.
  5. Jangan mudah percaya dengan produk menggunakan label “SUGAR FREE ”. Memang agar gula yang digunakan lebih sehat, para produsen mengganti gula tebu dengan gula buah (fruktosa). Nah, masalahnya kandungan gula buah yang tinggi juga sama berbahayanya bagi tubuh kita.
  6. Kurangi makanan manis – manis seperti kue, permen dan biskuit yang menggunakan gula sangat banyak. Ganti dengan cemilan sehat seperti kacang dan produk gandum.
  7. Cek label makanan untuk memastikan kandungan gulanya tidak ada atau hanya sedikit. Memang pada awalnya ini akan menghambat keefesiensian saat belanja karena kita akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membaca dan membeli produk makanan. Namun lambat laun, kita akan tahu produk makan apa aja yang baik sehingga kita akan semakin cepat ketika berbelanja.
  8. Perbanyak konsumsi air mineral atau air putih agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.
Semoga artikel informasi kesehatan ini dapat membantu kita lebih mengenal cara yang tepat untuk mendapatkan tubuh langsing yang sehat. “Hindari Makanan Tidak Sehat Untuk Mendapatkan Tubuh Yang Sehat” –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar