Asuransi Kesehatan Nasional Jepang

Diposting oleh xexe on Jumat, 19 Oktober 2012

Asuransi kesehatan nasional Jepang merupakan asuransi yang wajib dimiliki setiap warga Jepang terkecuali warga yang sudah terdaftar dalam asuransi kesehatan karyawan.  Ke-2 program ini adalah program asuransi utama di negara Jepang. Dalam peraturan National Health Care Act tahun 1958, semua penduduk harus memiliki salah satu program asuransi utama.

Biaya Perawatan

Pemengang premi hanya perlu membayar beberapa persen dari total biaya perawatan. Besarnya presentase pembayaran ditentukan dari pendapatan dan umur. Biasanya daftar persentase yang harus dibayar sesuai umur adalah
asuransi kesehatan nasional jepang
  • Di bawah umur 3 tahun, membayar 20% dari total biaya medis
  • Dari umur 3- 69 tahun, membayar 30% dari total biaya medis
  • Dari umur 70 sampai seterusnya hanya perlu membayar 10% / 20 % dari total biaya medis

Untuk sisanya, pihak medis akan menagihnya dengan federeasi perusahaan asuransi dimana pemengang premi bernaung. Pihak federesi akan melunasinya setelah melakukan review.

Tipe Premi Asuransi Kesehatan Nasional

Program asuransi ini memiliki 3 tipe premi. Berikut nama 3 premi tersebut beserta sedikit penjelasannya:
  • Kategori pertama- Premi Dasar. Perhitungan premi ini diberlakukan kepada semua anggota program yang dibawah umur 75 tahun.
  • Kategori kedua – Premi khusus orang tua. Kategori ini dikhususkan untuk orang yang sudah berumur di atas 75 tahun.
  • Kategori ketiga – Perawatan. Merupakan kategori khusus untuk orang –orang yang membutuhkan perawatan jangka panjang.
Premi ditanggung oleh kepala rumah tangga walaupun dia tidak termasuk anggota program Asuransi Kesehatan Nasional. Tikat premi dihitung berdasarkan pajak residen (jumlah yang dibebankan oleh pemerintah kota setempat) dan jumlah pendapatan anggota dari tahun lalu.Dikarenakan pajak penduduk ditentukan setiap bulan Juni dan diberitakan kepada penduduk pada bulan Juli, maka premi tahunan program asuransi ini bisa diangsur 10 kali. 

Alasan Keluar Dari Asuransi Kesehatan Nasional

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang keluar dari program asuransi ini:
  • Program asuransi ini dikelolah oleh pemerintahan kota setempat, jika pemilik premi pindah ke kota lain (prefektur lain); mereka diwajibkan untuk keluar dari program asuransi sekarang dan masuk ke program asuransi di tempat tinggal baru mereka.
  • Pemilik premi bukan warga negara Jepang dan mau meninggalkan Jepang tanpa ada niat untuk kembali lagi atau izin tinggal di Jepang habis.
  • Keluar dari program ini dikarena bergabung dengan asuransi kesehatan karyawan, mulai menerima bantuan public atau meninggal dunia.
salam–hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar