Manfaat Protein Yang Ada Asi

Diposting oleh xexe on Kamis, 16 Agustus 2012

Asi merupakan makanan dan minuman pertama bayi yang paling banyak memiliki protein. Tipe protein dalam asi adalah Whey dan Casein. Asi mengandung lebih banyak tipe protein Whey daripada Casein sehingga mudah dicerna oleh bayi. Dikarenakan itulah American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan setidaknya pemberian asi eksklusif selama 6 bulan dan 6 bulan selanjutnya pemberiannya bisa dikombinasi dengan makanan lunak.

Protein Dalam Asi

Berikut adalah protein –protein yang bisa ditemukan dalam asi baik itu tipe Whey maupun Casein:
manfaat protein yang ada di asi
  • Laktoferin (laktotransferin) merupakan protein yang dapat mengikat ion besi. Ion besi sangat dibutuhkan oleh bakteri untuk tetap hidup namun dikarenakan laktoferin mengikat ion besi, bakteri tidak bisa mendapatkan sumber kehidupannya (ion besi) sehingga bakteri lama kelamaan akan mati.
  • Antibodi A yang lebih dikenal dengan sebutan Immunoglobulin A, IgA atau Secretory IgA merupakan protein yang berkerja untuk melindugi bayi dari virus dan bakteri. Mengkonsumsi ikan dapat menambah jumlah protein ini dalam asi.
  • Lisozim merupakan ezim yang dapat membunuh bakteri sehingga dapat melindungi bayi dari berbagai bakteri jahat serta membantu pertumbuhan bakteri baik di usus.
  • Diketahu dari penelitian, bayi yang diberikan asi akan memiliki bifidobacterium yang baik sehingga dapat menciptakan sebuah lingkungan yang tidak disukai bakteri jahat di usus besar manusia. Bifidobacterium juga bisa menghasilkan beberapa jenis vitamin B-komplek dan mencegah bakteri penyebab kanker.

Melihat gimana manfaat – manfaat protein yang bisa didapat dengan mengkonsumsi asi, memang tidak salah kalau air susu ibu ini harus diberikan kepada bayi agar dia tidak mudah sakit dan dapat tubuh dengan sehat. –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar