Usia Berapa Hewan Boleh Pet Grooming

Diposting oleh xexe on Kamis, 05 Juli 2012

Usia berapa hewan boleh melakukan pet grooming? Adalah pertanyaan biasa yang yang diutarakan oleh pemilik hewan peliharaan. Pet grooming adalah nama lain salon hewan peliharaan. Di Salon biasanya hewan peliharaan akan dimandikan, dikeringkan, digunting dan ditata rambutnya. Selain perawatan dasar, ada juga perawatan anti kutu, guting kuku dan nail polish. Banyak hewan yang tidak akan tinggal diam saat akan digunting atau dimandikan karna belum biasa.

pet grooming
Agar terbiasa, pemilik hewan peliharaan lebih baik memulai kebiasaan pet grooming sejak hewan peliharaannya masih kecil. Saat mereka kecil, mereka mudah belajar akan hal baru seperti sikap tenang saat dimandikan atau digunting rambutnya.

Saat Anda ingin memulai melakukan kegiatan ini pada hewan peliharaan yang masih kecil atau yang sudah cukup gede, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:
  1. Jangan lakukan semua kegiatan pet grooming dalam sehari. Lakukan kegiatan guting rambut dan basmi kutu di hari yang berbeda saat Anda ingin dia dikutekin dan didandan agar hewan peliharaan tidak bosan.
  2. Tetap ada disamping hewan peliharaan Anda ketika dia baru pertama kali. Temanin dia hingga dia terbiasa.
  3. Pada selang waktu treatment satu dengan treatment lainnya, Anda bisa mengajaknya bercanda atau bermain namun ingat jangan buat dia kotor lagi.
  4. Jangan asyik sendiri dan mengabaikannya ketika dia memerlukan Anda karena dia seperti anak kecil yang baru pertama kali ke sekolah. Perlahan-lahan lepaskan ketergantungan dia kepada Anda.
  5. Jangan malas untuk mencobanya lagi walaupun percobaan pet grooming pertama, ke-2 dan ke-3 gagal.

Semoga 5 tips ini membantu Anda. Salam –hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar