Karies Gigi Terjadi Karena?

Diposting oleh xexe on Rabu, 16 November 2011

Karies gigi  adalah penyakit infeksi yang dapat menyebar. Penyakit ini dapat merusak struktur gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Dari lubang yang dibuat oleh Karies akan menjadi jalan masuk bagi para kuman dan bakteri. Karies bisa menyebabkan nyeri, gigi tanggal, infeksi bahkan kematian.

Lokasi kesukaan Karies adalah celah atau fisura gigi. Namun tidak tertutup kemungkinan di muncul di permukaan halus gigi.

Pemicu dan Pencegahan Karies Gigi

Faktor Pemicu Karies Gigi

Empat hal utama yang menjadi pemicu Karies gigi adalah
Bentuk Gigi
karies gigi
Enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna akan mempertinggi resiko Karies. Selain enamel, pembentukan dentin sempurna pun bisa menjadi faktor. Harus berhati - hati bagi orang yang memiliki susunan tidak rata dan makanan sering nyangkut karena lokasi yang jarang dibersihkan serta makanan menyakut dalam waktu lama meningkatkan resiko munculnya Karies.

Bakteri Karies Gigi
Percaya atau tidak, mulut adalah salah satu lokasi berkembangnya bakteri. Namun tentu saja tidak semua bakteri merupakan bakter penyebab Karies.

Karbohidrat dari Fermentasi
Bakteri dalam mulut mengubah glukosa, sukrosa dan fruktosa menjadi asam laktat lewat proses fermentasi. Bila banyak asam maka gigi akan mudah demineralisasi dan mudah berlubang. Glukosa, sukrosa dan fruktosa merupakan kandungan yang banyak ditemukan dalam jenis makanan karbohidrat. Karbohidrat yang ketinggal di dalam mulut akan memicu kinerja bakteri.

Waktu yang Menjawab
Makanan mengandung gula sepertu karbohirat diuraikan dan bakteri di mulut mulau memetabolisme gula yang tersisa di mulut menjadi asam dan menurunkan pH di dalam mulut. Proses ini akan terjadi setelah 2 jam, kita mengkonsumsi makanan. Semakin lama kita membiarkan bakteri bekerja maka semakin cepat juga Karies tumbuh.

Selain 4 faktor utama diatas, penyakit yang menyebabkan kekurangan air liur juga bisa menjadi pemicu serta jarang gosok gigi hingga munculnya plak dan bakteri semakin berkembang.

Cara Pencegahan Karies

Gimana cara mencegahnya? gampang asalakan rajin melakukan:
Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Jaga dengan cara rutin membersihkan gigi. Minimal 2 kali sikat gigi dan bersihkan lidah (setelah bagun dan sebelum tidur). Bila mau rajinkan setelah 1/2- 1 jam sesudah makan terutama makanan manis, kita diperbolehkan mengosok gigi. Dengan gosok gigi secara rajin, kita bisa meminimalis resiko penyakit mulut dan plak gigi. Plak gigi mengandung bakteri dan membantu pertumbuhan Karies.

Konsumsi Gula Dibatasi
Batasi konsumsi gula atau makanan yang banyak mengandung gula. Gula yang tersisa di mulut akan digunakan bakteri untuk memproduksi asam jadi kurangi konsumsi permen manis, jus manis serta makanan karbohidrat.

Cara pencegahan yang sederhana namun efektif. Ingat gigi infeksi, nyawa taruhan -hm-

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar