wordFaktor yang Mempengaruhi Harga Rumah

Diposting oleh xexe on Rabu, 17 Juni 2015

Properti Indonesia merupakan aset yang bernilai cukup tinggi, dan hampir selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Karena itulah, wajar jika banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi dalam bidang ini, dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Sayangnya, ada beberapa kasus dimana properti yang dijual ternyata dibawah harga yang diharapkannya. Bahkan, ketika harga rumah disekitarnya dapat terjual dengan harga cukup tinggi, namun ternyata rumah kita tidak dapat mencapai harga yang sama. Hal ini sering juga terjadi pada investor yang menjadikan rumah sebagai lahan investasinya.

jual rumah
Harga memanglah hal yang sangat sensitif bagi siapapun, termasuk dalam hal jual beli rumah. Sesuka apapun seseorang terhadap rumah yang sedang kita tawarkan, jika tidak ditemukan kesepakatan harga maka proses jual beli tidak akan dapat terjadi. Ada beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap harga jual rumah kita, antara lain:

Lokasi
Lokasi yang strategis, tentunya akan dapat menaikkan harga suatu rumah. Lokasi yang strategis ini antara lain yaitu bebas dari banjir, dekat dengan fasilitas umum (pasar, sekolah) dan mudah terjangkau. Selain itu, banyak juga masyarakat yang menyukai rumah dengan akses jalan cukup luas, sehingga mudah untuk dilalui dengan mobil.

Legalitas
Tanah yang sedang dalam kondisi sengketa akan memiliki harga lebih rendah daripada tanah yang memiliki surat-surat lengkap dan legalitas yang jelas.

Usia bangunan
Usia bangunan dan kapan terakhir kali rumah mengalami renovasi akan menjadi pertimbangan pembeli dalam menentukan harga rumah. Jika usia bangunan sudah sangat lama dan tidak pernah dilakukan renovasi, calon pembeli kemungkinan akan menawar dengan harga lebih murah.

Material bangunan
Material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah juga akan mempengaruhi harga rumah. Misalnya saja seperti batu yang digunakan untuk pembuatan pondasi, material yang digunakan untuk pembangunan dinding, jenis lantai, dan sebagainya.

Kondisi rumah
Kondisi rumah yang terlihat tidak terawat dan kotor, terkadang bisa membuat seorang calon pembeli menawar harga dengan sangat rendah.

Bentuk tanah
Tanah yang berbentuk tidak simetris, terkadang bisa membuat harga menjadi lebih rendah. Selain itu, jika rumah kita berada pada lokasi tanah yang tidak rata (daerah tanjakan), hal ini juga bisa mempengaruhi harga rumah. (Yv)

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar